Dark/Light Mode

Kesibukan Capres Di Akhir Pekan

Ganjar Ke Timur, Prabowo Ke Barat

Minggu, 30 April 2023 09:20 WIB
Prabowo Subianto dan Ganjar Prabowo. (Foto: Ist)
Prabowo Subianto dan Ganjar Prabowo. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Awalnya, Prabowo direncanakan menempuh jalur darat menuju Tanah Datar. Namun, ia diminta naik helikopter. Dari rencana awal iring-iringan bergerak dari BIM sampai ke Lubuk Alung, Padang Pariaman, ternyata berubah ke Tabing. Namun, kemeriahan tak berkurang sedikitpun. 

Banyak warga yang mengaku senang dengan kedatangan Prabowo ke Sumbar. Mereka sangat merindukan tokoh nasional yang hadir di tengah-tengah mereka. "Sumbar akan tetap jadi basis Pak Prabowo. Sambutan ini adalah bukti kalau Pak Prabowo akan tetap menang besar di Sumbar," kata Ketua DPC Partai Gerindra Padang Pariaman, Happy Neldy.

Sementara Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar Andre Rosiade yang mengomandoi langsung kedatangan Prabowo semakin yakin, kemenangan sudah di depan mata. Sebab, dukungan semakin masif dari waktu ke waktu. 

Baca juga : PAN Merasa Ganjar Cocok Sama Erick

"Alhamdulillah, masyarakat Sumbar begitu antusias menyambut kedatangan Pak Prabowo. Masyarakat juga menyambut dan melambaikan tangan, tanda dukungan kepada beliau," katanya.

Dari Lanud Tabing, Prabowo naik helikopter dan mendarat di Lapangan Gumarang, Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar. Dari sana, Prabowo langsung ke Indo Jalito, rumah dinas Bupati Tanah Datar. Kemudian, berangkat ke Istano Basa Pagaruyung di Batusangkar menghadiri pemberian gelar untuk Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor.

Dalam acara tersebut, Prabowo memuji warga Sumbar. "Saya merasa bahwa rakyat Minangkabau adalah rakyat yang setia. Rakyat yang berani dan berpegang teguh dengan prinsip. Saya merasa berutang budi dengan masyarakat Sumbar. Saya merasa belum bisa berbuat banyak untuk Sumbar," akunya.

Baca juga : Basarah Pimpin Desk Khusus Kerja Sama Relawan

Prabowo mengaku punya ikatan emosional dengan Sumbar. Ia bercerita, saat masih kanak-kanak, sempat menetap di Sumbar. Ketua Umum Gerindra itu masih ingat betul, saat menyaksikan sumbangan rakyat Minangkabau terhadap perjuangan bangsa.

Terlebih, Minangkabau telah menghasilkan putra terbaik bangsa. Seperti Muhammad Hatta, M Natsir, Tan Malaka, dan M Yamin. "Dan sampai saat ini Minangkabau terus menerus melahirkan ada tokoh-tokoh Minangkabau di tingkat nasional," imbuh Prabowo.

Prabowo menyebut akan terus berbuat untuk Ranah Minang. "Insyaallah saya ingin merintis sekolah unggulan di Sumbar. Ini terucap bukan sebagai janji, tapi sebagai utang. Kalau saya sudah ucapkan, berarti ini utang. Saya tidak tahu ada kekuatan apa di tempat ini. Yang membuat saya berani, karena saya berutang banyak di Sumbar," katanya.

Baca juga : Pilpres 2024, Dukungan Ganjar Presiden Makin Kuat

Prabowo kemudian mengungkapkan rasa bersalah karena tak menengok masyarakat di Sumbar selama bertahunt-tahun. "Karena saya belum bisa berbuat apa-apa. Sekarang saya mulai mencicil, mulai dari ambulans. Jangan dilihat dari nilainya. Tapi lihatlah utang budi saya ke ranah Minang. Sejak kecil saya terus didukung," pungkasnya.

Bila Ganjar ke timur, dan Prabowo ke barat, bagaimana dengan Anies Baswedan? Hingga kemarin, tidak terdengar kegiatan Anies melakukan kegiatan politik. Terakhir, bakal capres yang diusung Koalisi Partai untuk Perubahan (KPP) itu memposting sedang membaca buku Principles for Navigating Big Debt Crisis dengan latar pinggir laut. Foto itu di-posting Anies di akun media sosialnya, Rabu (26/4).  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.