Dark/Light Mode

Kakorlantas: One Way Diprediksi Berakhir Senin Pukul 24.00 WIB, Ruas Arteri Terkendali

Minggu, 30 April 2023 21:21 WIB
Dir Lantas Polda Metro Jaya Kombes. Pol. Latif Usman (tengah) bersama Pju Ditlantas melakukan pemantauan Pos  Pantau Arus Balik Lalu Lintas di KM 10 Cikunir Tol Jakarta-Cikampek, Minggu (30/4) malam. (Foto: TMC Polda Metro Jaya)
Dir Lantas Polda Metro Jaya Kombes. Pol. Latif Usman (tengah) bersama Pju Ditlantas melakukan pemantauan Pos Pantau Arus Balik Lalu Lintas di KM 10 Cikunir Tol Jakarta-Cikampek, Minggu (30/4) malam. (Foto: TMC Polda Metro Jaya)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Irjen Pol. Firman Shantyabudi kembali melaporkan situasi terkini arus balik Lebaran 2023, dari arah timur (Semarang) menuju Jaya.

Berdasarkan hasil traffic counting di Km 425 B Ruas Semarang Solo, rata-rata volume lalu lintas selama tiga jam berturut turut mencapai 3.102 kendaraan per jam. Angka ini di atas parameter rekayasa lalu lintas, yang hanya 2.700 kendaraan/jam.

Di Gerbang Tol Banyumanik Jalan Tol Semarang – Solo (arah Jakarta), rata – rata volume lalu lintas tertinggi selama tiga jam berturut turut mencapai 3.430 kendaraan/jam, di atas parameter rekayasa lalin 3.000 kendaraan/jam.

Sementara traffic counting di Km 190 B Palikanci menunjukkan, rata-rata volume lalu lintas selama tiga jam berturut turut mencapai 4.535 kendaraan per jam, di atas parameter rekayasa lalin 2.700 kendaraan/ jam.

Baca juga : One Way Di Tol Trans Jawa Diperpanjang Hingga Pukul 24.00 Malam Ini

Sedangkan di Gerbang Tol Cikatama Jalan Tol Jakarta - Cikampek (arah Jakarta), rata – rata volume lalu lintas tertinggi selama tiga jam berturut turut, tembus 5.027 kendaraan/jam, di atas parameter rekayasa lalin 4.830 kendaraan/jam.

"Berdasarkan pemantauan melalui CCTV dan pantauan anggota di lapangan arus lalin, terjadi peningkatan volume lalu lintas yang signifikan menuju.arah Barat," kata Firman dalam keterangannya, Minggu (30/4).

Dari arah Selatan (Bandung) menuju Jaya, hasil traffic counting di Km 100 B Cipularang menunjukkan rata – rata volume lalu lintas selama tiga jam berturut turut mencapai 2.816 kendaraan/ jam. Angka ini di bawah parameter rekayasa lalu lintas sebesar 2.800 kendaraan / jam.

Di Gerbang Tol Cikatama, Kalihurip dan Kalitama, rata – rata volume lalu lintas selama tiga jam berturut turut mencapai 8.194 kend / jam. Angka ini masuk ke dalam parameter Contraflow Jakarta-Cikampek sebesar 6.440 kendaraan/jam untuk ketiga Gerbang Tol tersebut.

Baca juga : Mentan: Kenaikan Harga Beras Masih Terkendali

Berdasarkan pemantauan melalui CCTV dan pantauan anggota di lapangan, arus lalu lintas masih cukup kondusif menuju ke arah Barat, dari arah Bandung dan Cileunyi.

Firman menjelaskan, saat ini rekayasa lalu lintas One Way dilaksanakan dari Km 414 (Kalikangkung) sampai Km 72 (Cikampek). Dilanjutkan Contraflow dua lajur dari Km 72 (Cikampek) hingga Km 47.

"Berdasarkan hal tersebut diatas, rekayasa lalulintas One Way arus balik yang dijadwalkan selesai pada pukul 24.00 WIB hari ini, Minggu 30 April 2023, masih akan terus dilanjutkan," papar Firman.

Perpanjangan rekayasa lalu lintas One Way diperkirakan akan berakhir pada Senin (1/5) pukul 24.00 WIB.

Baca juga : Panser Bertemu Kuda Hitam

Namun, apabila pada periode perpanjangan tersebut, kondisi lalu lintas yang dilihat dari traffic counting (VCR di bawah ketentuan), pantauan CCTV, dan laporan petugas di lapangan selama tiga jam berturut turut mengalami penurunan, serta masuk pada parameter volume lalu lintas tanpa rekayasa lalu lintas, rekayasa lalu lintas One Way dapat dihentikan atau disesuaikan pelaksanaannya.

Namun, apabila pada periode tiga jam sebelum jadwal pengakhiran tersebut, masih terdapat peningkatan volume lalu lintas yang signifikan ke arah Jaya, maka dapat dimungkinkan terjadi penyesuaian kembali jadwal pengakhiran rekayasa lalu lintas One Way.

"Sampai saat ini, kondisi arteri yang ada di wilayah Polda Jawa Tengah dan Jawa Barat (pada ruas arteri selatan dilaksanakan rekayasa One Way sepenggal ), serta Metro Jaya masih cukup terkendali dengan perputaran roda kendaraan. Ruas arteri masih didominasi kendaraan roda dua," pungkas Firman. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.