Dark/Light Mode

Peringatan May Day

Mahfud MD: Negara Beradab Jika Buruhnya Sejahtera

Senin, 1 Mei 2023 14:09 WIB
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam Mahfud MD) saat acara bersama Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) beberapa waktu lalu. (Foto: Istimewa)
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam Mahfud MD) saat acara bersama Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) beberapa waktu lalu. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD) menegaskan Kekuatan suatu negara akan tangguh jika di dalam kaum buruhnya terpelihara dan berkobar nasionalisme.

"Majulah maju kaum buruh dan pekerja Indonesia," kicau Mahfud dalam postingan media sosial Twitter, @mohmahfudmd, Senen (1/5).

Baca juga : BPJamsostek Jakarta Timur Bagikan Sembako Ke Buruh

Dalam momentum May Day 2023, Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia era Presiden Gus Dur ini menjelaskan, peradaban bangsa dapat dilihat dari bagaimana negara menjamin kesejahteraan kaum buruhnya.

"Peradaban suatu bangsa akan dapat dilihat dari bagaimana negara menjamin hak asasi dan kesejahteraan kaum buruhnya," tambah Mahfud.

Baca juga : Prof. Tjandra Berharap Indonesia Bisa Cukupi Anggaran Malaria

Lebih jauh, Mahfud memaparkan, Hari Buruh Internasional atau May Day, berasal dari peristiwa yang terjadi di Chicago, Amerika Serikat pada tahun 1886.

"Ketika itu ribuan pekerja menggelar aksi mogok kerja untuk memperjuangkan hak mereka, termasuk hak untuk bekerja delapan jam sehari," tambah Menko Polhukam.

Baca juga : Gempa M7,3 Guncang Kepulauan Mentawai, Getaran Terasa Hingga Skala VI

Aksi pada tahun 1886 tersebut, lanjut Mahfud, berujung tragedi yang dikenal sebagai Peristiwa Haymarket.

Namun perjuangan para pekerja tersebut menginspirasi gerakan buruh di seluruh dunia dan akhirnya membuahkan hasil dalam bentuk hak-hak pekerja yang lebih baik. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.