Dark/Light Mode

Survei Indomatrix: Erick Cawapres Makin Moncer, Sandi Dan RK Lewat

Sabtu, 6 Mei 2023 17:42 WIB
Erick Thohir, makin digadang-gadang jadi Cawapres (Foto: Instagram @erickthohir)
Erick Thohir, makin digadang-gadang jadi Cawapres (Foto: Instagram @erickthohir)

RM.id  Rakyat Merdeka - Popularitas Erick Thohir sebagai bakal calon Wakil Presiden terkuat, terus mengemuka.

Kali ini, nama Erick mencuat sebagai kandidat Calon Wakil Presiden (Cawapres) terkuat dengan elektabilitas 16,5 persen, berdasarkan hasil survei nasional Indomatrik yang dirilis hari ini, Sabtu (6/5).

Erick banyak dijagokan oleh kalangan religius dan teknokrat, yang merupakan klaster Cawapres paling diminati publik. Mengungguli Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil (RK), yang mewakili Cawapres dari klaster nasionalis dan teknokrat.

Baca juga : Survei Indikator: Ridwan Kamil Cawapres Terkuat

Sejumlah simulasi yang menampilkan pasangan Prabowo Subianto dan Erick Thohir, juga unggul dibanding pasangan lain.

Simulasi pertama, duet Prabowo-Erick mendapatkan respon dari publik sebesar 33,53 persen, Ganjar Pranowo-Sandiaga Uno 30,55 persen, dan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono 22,49 persen.

Simulasi kedua, pasangan Prabowo-Erick tetap unggul, sekalipun dihadapkan dengan duet yang berbeda: Ganjar-Ridwan Kamil, Ganjar-Anies, dan Ganjar-Yenny Wahid.

Baca juga : Imin Selobang Jarum

Prabowo-Erick unggul dengan angka 33,45 persen. Melampaui Ganjar-Ridwan Kamil, yang mendulang angka 30,25 persen.

Direktur Indomatrik Husin Yazid menilai, klaster religius dan nasionalis berpeluang mendominasi perolehan suara di Pilpres 2024.

"Mayoritas pemilih dengan angka 36,67 persen, menyatakan siap menjatuhkan pilihan kepada pasangan yang mewakili klaster nasionalis-religius. Sementara duet nasionalis-nasionalis disukai 33,52 persen pemilih," jelas Yazid. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.