Dark/Light Mode

Pengamat: Erick Paling Pas Dampingi Ganjar, NU-Nasionalis Sejalan

Rabu, 26 April 2023 11:42 WIB
Ganjar Pranowo dan Erick Thohir (Foto: Istimewa)
Ganjar Pranowo dan Erick Thohir (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat Politik Universitas Brawijaya Faishal Aminuddin angkat bicara soal tokoh yang paling tepat mendampingi Bakal Calon Presiden (Bacapres) PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo.

Menurutnya, pasangan yang secara elektoral berpeluang besar memaksimalkan suara untuk Ganjar Pranowo, berasal dari lingkungan Nahdlatul Ulama (NU).

"NU dan kelompok Nasionalis selalu beriringan. Sejarah panjang negeri ini selalu begitu. Sejalan antara NU dan Nasionalis atau Soekarnois,” kata Faishal ketika dikonfirmasi wartawan, Selasa (25/4).

Baca juga : Pengamat: Prabowo Bacawapres Paling Kuat Buat Ganjar Secara Elektoral

Dari kalangan NU, ada banyak stok tokoh yang setidaknya bisa mendampingi Ganjar Pranowo. Di antaranya Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Mereka semua sudah teruji dalam kapasitas profesionalitas kerja dan memiliki segmentasi dukungan.

Dari sejumlah nama ini, Faishal menilai, Erick Thohir paling berpeluang didukung Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Baca juga : Pengamat: Peluang Ganjar Besar Jika Berpasangan Dengan Cawapres Tepat

Secara kultural, Erick Thohir adalah NU. Selain itu, statusnya sebagai Banser NU, juga menjadi daya tarik.

"Apalagi, di berbagai kesempatan, Erick Thohir sangat dekat dengan PBNU. Bahkan, gawe besar Puncak Harlah 1 Abad NU kemarin diserahkan sepenuhnya kepada Erick Thohir," kata Faishal.

Faishal yang juga menjadi Wakil Ketua Lembaga Pendidikan Tinggi PBNU ini mengatakan, fakta bahwa PBNU saat ini meng-endorse Erick, tak bisa dipungkiri.

Baca juga : Ganjar Bakal Capres PDIP

Karena itu, jika Ganjar dan PDIP ingin mendapatkan dukungan penuh dari PBNU, maka pilihannya adalah Erick Thohir. Meski tidak menutup kemungkinan, Mahfud MD dan Khofifah juga berpeluang didukung PBNU.

"Secara kelembagaan, PBNU memang tidak mungkin memberikan dukungan. Tetapi, pengurus-pengurus PBNU lebih dekat dengan Erick Thohir. Ini tidak bisa dipungkiri,” jelas doktor ilmu politik dari Jerman ini.

Sebelumnya, Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas dan Sekjen PBNU Saifullah Yusuf juga menyatakan dukungan kepada Erick Thohir, untuk mendampingi Ganjar Pranowo. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.