Dark/Light Mode

Kadinkes Lampung Reihana Penuhi Panggilan KPK, Tutupi Wajah Pakai Majalah Lama

Senin, 8 Mei 2023 08:54 WIB
Kadinkes Lampung Reihana (Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka)
Kadinkes Lampung Reihana (Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan permintaan klarifikasi terhadap Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Lampung Reihana hari ini, Senin (8/5).

Dia bakal menjalani klarifikasi laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN).

"Benar, KPK mengundang Kadinkes Provinsi Lampung terkait permintaan klarifikasi LHKPN," kata Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan KPK Ipi Maryati lewat pesan singkat, Senin (8/5).

Pemeriksaan dilakukan di Gedung Merah Putih KPK. Reihana tiba di markas komisi antirasuah pukul 08.15 WIB. Dia mengenakan setelan baju berwarna putih, kerudung putih, dan rok hitam.

Baca juga : Dubes Belgia Frank Felix Temui Sultan Yogya, Jajaki Kerja Sama

Ia juga membawa tas berwarna putih. Ditanya wartawan, Reihana irit bicara.

"Sehat," ucapnya singkat, saat hendak memasuki lobi Gedung Merah Putih.

Setelah mengurus administrasi, Reihana duduk di sofa lobi KPK, sembari menutupi wajahnya dengan majalah tahun 2013 yang dia bawa sendiri. KPK, tak menyediakan majalah di lobi. 

Sebelumnya, KPK menemukan, ada kejanggalan dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik Reihana.

Baca juga : KPK Panggil Kadinkes Lampung Reihana Pekan Ini

Klarifikasi pun bakal dilakukan lantaran komisi antirasuah menilai, harta yang dilaporkan Reihana terlalu sedikit. Tidak cocok dengan profil Reihana.

"Iya, hartanya terlalu sedikit," jelas Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Pahala Nainggolan.

Reihana mendapat sorotan karena kerap memamerkan barang-barang mewah yang digunakannya. Salah satunya, tas Hermes Birkin 40 Togo Rauge Tornate yang harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Selain itu, dalam foto tersebut Reihana juga tampak mengenakan gaya hijab yang khas dan memadukan kaos serta rok panjangnya dengan kemeja Louis Vuitton.

Baca juga : Pos Indonesia Pastikan Penyaluran Bantuan Pangan CBP Di Papua Aman

Dalam LHKPN yang dilaporkan ke KPK pada 16 Februari 2023, Reihana tercatat mempunyai harta kekayaan sebesar Rp 2.715.000.000.

Aset terbesar ada di kategori tanah dan bangunan yang tersebar di Bandar Lampung, Pesawaran, dan Lampung Selatan dengan nilai total Rp 1,92 miliar.

Ia mengaku punya tiga kendaraan senilai total Rp 450 juta. Koleksi kendaraannya antara lain Nissan Elgrand 2007 (hadiah), Toyota Minibus 2010 (hasil sendiri) dan Mercedes Benz V230 2002 (hasil sendiri).

Reihana juga memiliki harta bergerak lain senilai Rp 6,7 juta, serta kas dan setara kas Rp 300 juta. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.