Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Blusukan Ke Tapal Kuda

Anies Dan Ganjar Mulai Rebutan Suara Jawa Timur

Minggu, 7 Mei 2023 07:20 WIB
Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. (Foto: Istimewa).
Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan dijadwalkan blusukan ke sejumlah wilayah di Jawa Timur dalam waktu bersamaan akhir pekan ini. Mereka menghadiri sejumlah acara. Mulai apel akbar, hingga sowan ke sejumlah pondok pesantren dan tokoh masyarakat.

Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis, Agung Baskoro mengatakan, meski belum resmi menjadi capres versi KPU, dan bahkan belum mulai jadwal kampanye, wajar keduanya sudah mulai mengais suara di Jatim. “Ini battlefield sebenarnya. Jawa Timur adalah kunci kemenangan.Siapa capres yang lebih dominan di wilayah ini, akan jadi pemenang,” kata Agung kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Gelar Kapnas 2023, SKK Migas Dan KKKS Gandeng Mitra Strategis

Menurutnya, untuk Jatim, baik Ganjar dan Anies me­mang punya kepentingan besar. Ganjar, masih perlu menjaga basis suara yang selama ini men­dukung sekaligus menambah ceruk pemilih baru. Sementara Anies masih perlu meningkat­kan basis pemilih menimbang masih sangat minim suara di Jatim. “Jawa Timur menjadi penentu, mengingat Anies semen­tara ini menguasai Jawa Barat dan Ganjar memegang Jawa Tengah,” tuturnya.

Untuk meraup suara yang maksimal di Jatim, lanjut Agung, maka perlu masuk ke kantong suara besar, yakni kaum sarungan dalam hal ini pondok pesantren. “Terutama di Tapal Kuda yang basisnya kaum sarungan. Dan di Mataraman yang juga ada besar kelompok abangan,” tuturnya.

Baca juga : Syawalan Ke Ponpes Gus Mus, Ganjar Disajikan Sambal Terong

Selain itu, lanjut Agung, pentingbagi capres menggaet tokoh yang mengakar di Jatim sebagai cawapres. Tokoh yang mengakar di Jatim paling gampang adalah yang berlatar Nahdlatul Ulama (NU). Namun, harus tokoh yang benar-benar representasi Nahdliyin, bukan yang tiba-tiba menjadi NU menjelang Pemilu. “Artinya cari yang akan kultural dan strukturalnya bagus. Yang dekat dengan kiai khos dan pondok pesantren. Saya kira akan sangat mudah menemukan tokoh ini tanpa kita sebutkan. Ada Khofifah, Mahfud MD, Cak Imin,” tandasnya.

Diketahui, Ganjar hadir di acara halal bihalal di Balai Pemuda, Surabaya, Sabtu (6/5). Ganjar juga menghadiri Konsolidasi Akbar ini berlangsung di Ballroom Hotel Shangri-La. Kemudian berlanjut napak tilas ke rumah indekos HOS Tjokroaminoto di Jalan Peneleh VII Nomor 29-31. Minggu (7/5), Ganjar akan menyapa warga di kegiatan car free day di Alun-alun Jember. Ganjar juga akan konsolidasi bersama seluruh kader Banteng dan relawan di GOR PKPSO Kaliwates.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.