Dark/Light Mode

Jokowi Dan PM Vietnam Bahas Investasi Hingga Energi Terbarukan

Selasa, 9 Mei 2023 22:05 WIB
Presiden Jokowi dan PM Vietnam Pham Minh Chinh menggelar pertemuan bilateral di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Selasa (9/5). (Foto: BPMI Setpres)Read more: https://setkab.go.id/presiden-jokowi-dan-pm-vietnam-bahas-peningkatan-kerja-sama-perdagangan-dan-investasi/
Presiden Jokowi dan PM Vietnam Pham Minh Chinh menggelar pertemuan bilateral di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Selasa (9/5). (Foto: BPMI Setpres)Read more: https://setkab.go.id/presiden-jokowi-dan-pm-vietnam-bahas-peningkatan-kerja-sama-perdagangan-dan-investasi/

RM.id  Rakyat Merdeka - Jokowi dan Pham Minh Chinh melakukan pertemuan bilateral di KTTA ASEAN Ke 42. Kedua pimpinan negara ini melakukan pertemuan bilateral di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) Selasa (9/5). 

Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin negara ini membahas upaya peningkatan kerja sama perdagangan.

“Kedua pemimpin membahas mengenai upaya untuk memenuhi target perdagangan sebesar USD 15 billion untuk 2028,” ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi dalam keterangannya selepas mendampingi Presiden dalam pertemuan bilateral tersebut.

Baca juga : Menhub Cek Kesiapan Bandara Hingga Dermaga Di Labuan Bajo

“Mereka optimistis bahwa target tersebut akan dapat terpenuhi dengan syarat bahwa semua restriksi perdagangan atau hambatan perdagangan dapat dikurangi kalau tidak bisa dihilangkan sepenuhnya,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Menlu menjelaskan, bahwa kedua pemimpin juga sepakat untuk segera bernegosiasi mengenai perjanjian investasi bilateral atau bilateral investment treaty antara kedua negara seiring dengan meningkatnya investasi dari kedua belah pihak.

“Selain itu, mereka juga sepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang energi baru terbarukan,” imbuhnya.

Baca juga : DIM Berbagi Bahagia Jelang Lebaran

Pada isu lainnya, Presiden Jokowi dan PM Vietnam juga sepakat untuk segera menyelesaikan pengaturan pelaksanaan dan proses ratifikasi terkait selesainya perundingan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) antara kedua negara.

“Kedua pemimpin sepakat agar implementing arrangement dan proses ratifikasi dapat segera diselesaikan. Selain itu, Bapak Presiden juga menyampaikan agar MoU mengenai kelautan dan perikanan dapat diselesaikan segera,” tandas Menlu.

Turut mendampingi Presiden dalam pertemuan bilateral tersebut yaitu Menlu Retno LP Marsudi, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.■

Baca juga : Gerakan Mudik Sehat dan Selamat Bertujuan Memitigasi Potensi Kecelakaan


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.