Dark/Light Mode

Bangkitkan Ekonomi Rakyat

Ratusan UMKM Sebalang Lampung Dapat Bantuan Payung Pantai

Rabu, 10 Mei 2023 23:25 WIB
Pelaku UMKM di Pantai Sebalang mendapatkan hammock kepada para pelaku UMKM guna mempercantik usahanya, Rabu (10/5). (Foto: Ist)
Pelaku UMKM di Pantai Sebalang mendapatkan hammock kepada para pelaku UMKM guna mempercantik usahanya, Rabu (10/5). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk menjaga ekosistem wilayah pesisir pantai sekaligus membangkitkan ekonomi UMKM masyarakat, Gerbong Pecinta SandiUno Lampung lakukan aksi sosial dengan tema "Sebalang Go Green". Aksi tersebut yaitu berupa penanaman mangrove hingga pemberian hammock kepada para pelaku UMKM guna mempercantik usahanya.

Kegiatan tersebut diadakan di area Pantai Sebalang, Lampung Selatan, Rabu (10/5), dengan melibatkan sejumlah tokoh masyarakat.

Diketahui, selain menanam mangrove, relawan Sandiaga Uno juga memberikan payung pantai dan Nomor Induk Berusaha (NIB) secara gratis kepada para UMKM. Hal ini agar pariwisata pantai Sebalang bisa lebih baik sehingga bisa menarik minat pengunjung dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Baca juga : Warga Bojonggede Girang Dapat Bantuan Program Juleha

Ketua Gerbong Pecinta SandiUno, Evie Sofia menjelaskan, bahwa kegiatan Sebalang Go Green dilakukan sebagai bentuk membantu pariwisata hidup kembali setelah pandemi. Kegiatan yang disertai dengan penanaman mangrove hingga pemberian NIB tersebut nyatanya memberikan dampak positif bagi masyarakat, selain itu tampilan pesisir pantai menjadi lebih cantik disertai dengan aneka ragam warna dari payung pantai dan hammock.

"Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian kami terhadap pariwisata sesuai dengan program yang dijalankan Pak Sandiaga, kami terus mendorong pariwisata yang berkelanjutan, kita bergerak mencoba membantu menghidupkan kembali pantai Sebalang yang sempat mati suri akibat pandemi," ungkap Evie Sofia.

"Saya yakin ini semua bisa memberikan manfaat untuk para pelaku UMKM sebagai peluang usaha hingga bisa melahirkan lapangan kerja seluas-luasnya sesuai program Pak Sandi," lanjut Evie Sofia.

Baca juga : PMN Sulsel Gelar Pelatihan Desain Grafis Dan Bantuan Alat Pendidikan-Olahraga

Menurut informasi, UMKM di Pantai Sebalang sendiri masih banyak yang belum memiliki NIB, dengan begitu relawan Gerbong Pecinta SandiUno membantu untuk membuatkan izin usaha bagi para pelaku UMKM. Hal tersebut dilakukan agar UMKM bisa lebih mandiri dan berkembang.

"Disini ada 143 UMKM yang kita buatkan NIB, kami bantu buat perizinan tersebut dengan gratis agar mereka bisa lebih mandiri, berkembang, dan naik kelas sebagai UMKM sehingga mereka dapat banyak manfaatnya dari NIB," kata Evie.

Sementara itu, Hamdan salah satu penerima bantuan mengharapkan, kegiatan yang dilakukan bisa menarik pengunjung lebih banyak. Ia juga mengatakan terima kasih untuk para relawan dan Sandiaga Uno karena telah memberikan bantuan yang begitu bermanfaat bagi dirinya.

Baca juga : UMKM Solo Didorong Optimalkan Pemasaran Digital

"Alhamdulillah kegiatan ini semoga bisa menambah pemasukan untuk padagang di Sebalang, untuk NIB nanti akan diselesaikan petugasnya dan semua pedagang akan dapat. Terima kasih ke relawan dan Pak Sandi ini sangat bermanfaat, mungkin kedepannya bisa dilakukan pembinaan untuk para UMKM agar pariwisata lebih berkembang," kata Hamdan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.