Dark/Light Mode

Rajut Solidaritas Kebangsaan

Halal Bi Halal MUI, Mahfud Duduk Bareng Puan Maharani

Jumat, 19 Mei 2023 09:22 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD bersama Ketua DPR Puan Maharani saat halal bi halal MUI, di Ballroom Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (18/5) malam. (Foto: Istimewa)
Menko Polhukam Mahfud MD bersama Ketua DPR Puan Maharani saat halal bi halal MUI, di Ballroom Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (18/5) malam. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Masih dalam suasana Idul Fitri 1444 Hijriah, Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggelar halal bi halal bersama seluruh komponen bangsa untuk mempererat tali silaturahmi.

Ketua DPR RI Puan Maharani yang hadir dalam acara pun menyampaikan pesan untuk seluruh keluarga MUI.

"Sebagai Ketua DPR RI, saya meyakini sepenuhnya, keberadaan Majelis Ulama Indonesia akan terus konsisten menjadi pengayom dan pembimbing umat Islam Indonesia dan juga umat beragama lainnya," ungkap Puan dalam acara yang digelar di Ballroom Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (18/5) malam.

Acara ini dihadiri perwakilan seluruh lembaga legislatif mulai dari DPR RI, MPR RI, sampai DPD RI, serta perwakilan dari lembaga eksekutif yakni Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Menko PMK Muhajir Effendi dan Menteri Pariwisata, Sandiaga Uno.

Puan datang bersama Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah. Dalam acara itu, juga turut ditayangkan video testimoni dari Ketua DPR RI untuk keluarga besar MUI yang mengadakan halal bi halal.

Baca juga : 5 Asosiasi Pertambangan Gelar Halal Bihalal, Ini Pesan Stafsus Menteri ESDM

Di awal sambutannya, cucu Bung Karno ini menyampaikan salam hangat kepada seluruh pengurus MUI baik di pusat maupun di daerah.

"Saya, Puan Maharani, Ketua DPR Republik Indonesia mengucapakan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, minal aidin walfai’idzin, mohon maaf lahir dan batin kepada segenap pimpinan Majelis Ulama Pusat dan seluruh Pimpinan MUI Provinsi dan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, Pimpinan dan Anggota Ormas-ormas Islam serta para Masyayikh, kiai, Ulama dan Ustadzah serta cendikiawan muslim dan hadirin sekalian," ucap Puan.

Mantan Menko PMK ini pun mengatakan, acara halalbihalal seperti yang digelar Pimpinan Pusat MUI ini merupakan bentuk upaya mempererat tali silaturahim di Indonesia sebagai bangsa yang majemuk.

Semangat kebersamaan, kata Puan, telah menyisihkan perbedaan di antara anak bangsa yang menjadikan Indonesia kokoh sebagai negara yang berbhinneka tunggal ika.

"Kembali kepada jati diri bangsa Indonesia sebagai bangsa yang ditakdirkan Allah SWT menjadi bangsa yang majemuk dari berbagai macam suku, agama dan kepercayaan, ras, bahasa dan golongan namun disatukan oleh suatu semangat Bhinneka Tunggal Ika yang berdasarkan Pancasila," tutur Puan.

Baca juga : 5 Ribu Peserta Penuhi GOR Ciracas Di Halal Bihalal Bang Japar

MUI sebagai lembaga yang memiliki kewenangan dalam mengeluarkan fatwa atau hukum dalam Islam disebut telah memberikan kontribusi besar dalam membentuk norma-norma hukum agama oleh para pembentuk undang-undang.

"MUI menjadi salah satu pilar bangsa yang membawa keharmonisan bagi Indonesia. Puan juga meyakini MUI memiliki peran besar bagi tercapainya semangat persatuan nasional," ujar perempuan pertama yang menjadi Ketua DPR ini.

Seluruh tamu undangan juga mendengar ceramah kunci dari Menkopolhukam, Mahfud MD. Menko Mahfud mengatakan, bahwa dalam Islam tuntutan untuk bersatu adalah sesuatu yang penting sebagaimana dijelaskan dalam beberapa dalil.

"Sebenarnya manusia itu dulunya satu, lalu Allah mengutus para nabi untuk menyampaikan kabar gembira dan peringatan," ujar Mahfud mengutip salah satu ayat Al Qur’an.

Dalam konteks Indonesia,anjut Mahfud, ummat yang kemudian diterjemahkan sebagai bangsa Indonesia itu memiliki geopolitik masing-masing sebagaimana konsep Bung Karno.

Baca juga : Ganjar Hingga Mahfud Akan Diumumkan Di Puncak Musra

"Dalam konteks itulah, kita perlu membangun solidaritas, misalnya untuk menyongsong Pemilu, untuk merajut dan membangun bangsa," ijar mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) RI itu.

Setelah sambutan dari MUI dan pidato kunci dari Menko Polhukam, acara halal bi halal ini diisi dengan agenda tausiyah oleh KH. Anwar Iskandar dari Nahdlatul Ulama dan KH. Sa’ad Ibrahim dari Muhammadiyah. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.