Dark/Light Mode

78 Persen Masyarakat Puas

BKS: Terima Kasih Semua, Mudik Aman Dan Berkesan

Selasa, 16 Mei 2023 07:45 WIB
Menteri Perhubungan (Men­hub) Budi Karya Sumadi. (Foto: Dok. Kementerian Perhubungan)
Menteri Perhubungan (Men­hub) Budi Karya Sumadi. (Foto: Dok. Kementerian Perhubungan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penyelenggaraan mudik tahun ini mendapatkan respons positif dari masyarakat. Lembaga survei Indikator mencatat kepuasan masyarakat atas penyelenggaraan mudik 2023 sebesar 78 persen atau meningkat dibanding tahun lalu sebesar 73 persen.

Menteri Perhubungan (Men­hub) Budi Karya Sumadi enggan berpuas diri atas hasil survei tersebut. BKS-sapaan akrab Budi Karya menilai, penyelenggaraan mudik berjalan aman dan lancar tahun ini, merupakan hasil dari kerja bersama seluruh pemangku kepentingan.

“Lonjakan pemudik yang sudah kami prediksi akan ter­jadi tahun ini dapat diantisipasi dengan baik,” kata BKS di Ja­karta, kemarin.

Baca juga : BSI: 95 Persen Calon Jemaah Haji Telah Melakukan Pelunasan Biaya

BKS memberikan apresiasi kepada sejumlah pihak yang terlibat dan mendukung kelan­caran penyelenggaraan mudik 2023, seperti TNI, Polri, Kemen­terian Koordinator Pembangu­nan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Ke­menterian ESDM.

Selain itu, Kementerian BUMN, Kementerian Komuni­kasi dan Informatika, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Dalam Negeri, dan Pemerintah Daerah, BMKG, Basarnas, KNKT, BNPB, operator transportasi, operator jalan tol, asosiasi, media dan unsur terkait lainnya.

“Terima kasih dan apresiasi kepada masyarakat yang kooperatif telah mengikuti imbauan dan mengikuti aturan dengan tertib, sehingga turut mewujud­kan harapan mudik yang aman dan berkesan,” ucap eks Dirut Angkasa Pura ll.

Baca juga : KCIC Ajak Masyarakat Jaga Kelancaran Uji Coba Kereta Cepat

Adapun berdasarkan hasil survei evaluasi penanganan mudik 2023 yang dilakukan lembaga survei Indikator, kepuasan atas penyelenggaraan mudik dari kelompok masyara­kat yang melakukan mudik (kelompok pemudik) jauh lebih tinggi, yaitu mencapai 89,5 persen.

Masyarakat paling banyak merasa puas dengan kondisi pengaturan lalu lintas sebanyak 81,8 persen selama arus mudik atau balik Lebaran 2023. Kemu­dian, angkutan umum sebanyak 73,4 persen, ketersediaan bahan bakar 71,8 persen, dan kondisi jalan 64,3 persen.

Tak ingin terlalu larut dalam pujian, BKS akan melaku­kan sejumlah evaluasi agar penanganan arus mudik dan balik Lebaran tahun depan dapat berjalan lebih baik lagi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.