Dark/Light Mode

Tenaga Ahli KSP Ali Mochtar Ngabalin Lantik Ipong Hembing Sebagai Ketum PITI 2023-2028

Sabtu, 20 Mei 2023 21:55 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Persaudaraan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) diharapkan tetap konsisten jadi organisasi dakwah Islam yang independen. PITI juga harus dapat mengembangkan aktivitas dakwah dalam membina generasi muda.

Hal itu dikatakan Ketua Dewan Pembina PITI Ali Mochtar Ngabalin kepada Ketua Umum PITI terpilih Dr Ipong Hembing Putra saat menghadiri Muktamar ke-2 PITI, di Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (20/5).

Ngabalin berharap, PITI tetap pada posisinya sebagai organisasi dakwah dan independen.

Baca juga : Bamsoet Dukung Finalis Puteri Indonesia Sumut Sebagai Puteri Indonesia 2023

"Saya berharap banget, PITI tidak usah secara kelembagaan ke 'kiri' dan ke 'kanan', tidak usah," ungkapnya.

Ngabalin yang juga tenaga ahli Kantor Staf Presiden (KSP) itu berharap, PITI dapat menjaga marwah organisasinya, yang merangkul Muslim Tionghoa di Indonesia.

Dengan begitu, organisasi ini bisa menghimpun para mualaf-mualaf keturunan Tionghoa dan dapat duduk bersama untuk membicarakan masa depan organisasi dan Indonesia.

Baca juga : Ivan Yulivan Terpilih Kembali Jadi Ketum PP INKAI 2023 - 2027

"Visinya harus dijaga marwahnya untuk dia tidak boleh ke Timur, ke Barat, tidak penting, tidak perlu, dia harus tetap jaga independensinya agar semua orang merasa memiliki PITI sebagai sebuah organisasi yang besar, itu saya berharap banget," tuturnya.

Sementara menjelang pemilu 2024, Ketum PITI Ipong Hembing sendiri mengaku netral. Ipong juga akan merangkul seluruh mualaf dan anggota PITI agar nantinya tidak terprovokasi dengan isu sara atau agama.

Anggota PITI, kata Ipong, boleh berbeda-beda politik tapi jangan sampai ada keributan. Menurutnya, anggota PITI akan melakukan pendekatan semua pihak untuk mencapai kedamaian.

Baca juga : Top, Kemendagri Nobatkan Pemkot Bekasi Sebagai Kota Inovatif 2022

"Jangan sampai ada keributan, bagaimana kita ini semua bersaudara, meski partai berbeda-beda, berbeda agama berbeda suku tapi kita semua bersaudara, sama-sama membangun negara ini. Kita netral," ungkap Ipong.

Dia berharap, semua visi misi PITI dapat dijalankan dengan baik dan sukses. Khususnya dalam segi kemanusiaan.

"Intinya kita semua berbeda suku, berbeda beda agama, tapi kita bersaudara dalam kemanusiaan. Dalam PITI itu kita semua bersaudara. Tugas kita itu dakwah," tandas Ipong.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.