Dark/Light Mode

Menkominfo Kosong, Parpol Koalisi Pada Ngiler

Senin, 22 Mei 2023 08:00 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate (tengah) berjalan menuju mobil tahanan usai menjalani pemeriksaan di Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta, Rabu (17/5). (Foto: Dwi Pambudo/RM).
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate (tengah) berjalan menuju mobil tahanan usai menjalani pemeriksaan di Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta, Rabu (17/5). (Foto: Dwi Pambudo/RM).

 Sebelumnya 
Sementara Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga menilai kasus Plate akan dijadikan alasan Jokowi untuk segera melakukan perombakan kabinet.

Bahkan, Jamiluddin memprediksi menteri lainnya yang berasal dari Nasdem terancam terkena imbasnya. “Presiden Jokowi setidaknya mendapat justifikasi untuk me-reshuffle Menkominfo dan menteri lainnya dari Nasdem,” kata Jamiluddin.

Baca juga : Reshuffle Kabinet Rame Lagi

Namun dia berharap, reshuffle bukan berdasarkan alasan politis. Apalagi isu reshuffle sudah lama menguat terutama sejak Nasdem memutuskan mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024. “Tapi Pak Jokowi akan tetap meninggalkan satu menteri dari Nasdem,” ujarnya.

Seperti diketahui, setelah Plate ditetapkan dan ditahan oleh Kejaksaan Agung dalam kasus korupsi proyek BTS, posisi Menkominfo untuk sementara dijabat oleh Plt. Menko Polhukam Mahfud MD yang ditunjuk Jokowi untuk sementara mengisi jabatan tersebut.

Baca juga : Presiden Jokowi Bersihkan Kabinet

Namun sampai kapan Mahfud menjabat Plt Menkominfo, masih belum jelas. Mengingat hingga kini, Jokowi belum menunjuk calon Menkominfo pengganti Plate. Padahal, saat ini, isu reshuffle kabinet yang sebelumnya sudah redup, kini mulai nyala lagi.

Sementara itu, di dunia maya, bursa calon Menkominfo juga menjadi sorotan hangat warganet. “Sepertinya kursi Menkominfo akan diisi oleh Ketua Umum @PartaiPerindo BPK @Harry_Tanoe,” cuit @aL11eeff. “Dari PDIP,” sangkal @moshpito. “Yang jelas kursi Menkominfo buat parpol yang dukung Prabowo kemarin, biar beralih dukungan ke rambut putih,” timpal @EndraSept.

Baca juga : Menkominfo Tersangka Korupsi, Presiden Jokowi Bersihkan Kabinet

Namun, banyak juga warganet yang tidak setuju kalau kursi Menkominfo diserahkan untuk kader parpol. “Udah gak percaya lagi kalau kursi menteri diisi kader parpol,” saran @jalanlurus05. “Mending dari orang non partai aja deh,” samber @gn_jbl. “Kemenkominfo ini strategis untuk pemilu 2024,” timpal @sanyalkadrie. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.