Dark/Light Mode

Zulhas Dipusingin Urusan Telor

Rabu, 24 Mei 2023 08:00 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kiri) diampingi Wakil Menteri Jerry Sambuaga (kanan) menyampaikan keterangan pers usai acara silaturahim jajaran pegawai Kementerian Perdagangan di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (4/5/2023). (Foto: Antara).
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kiri) diampingi Wakil Menteri Jerry Sambuaga (kanan) menyampaikan keterangan pers usai acara silaturahim jajaran pegawai Kementerian Perdagangan di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (4/5/2023). (Foto: Antara).

 Sebelumnya 
“Penanganan yang efektif harus dilakukan untuk mencegah kelangkaan dan peningkatan harga yang tidak wajar,” kata Daniel, dalam keterangan tertulis, kemarin.

Sementara, Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI), Abdullah Mansuri menyebut, kenaikan harga telor saat ini merupakan kenaikan yang paling lama sepanjang sejarah. Sudah hampir sebulan harga telor ayam belum juga turun.

Baca juga : Gege Elisa, Dituding Selingkuhan Desta

Menurut dia, penyebab harga telor ayam terus melonjak adalah distribusi yang semrawut.

Kata dia, produksi telor memang menurun karena tingginya harga pakan. Di saat yang sama, permintaan juga tinggi dibanding tahun lalu.

Baca juga : Polisi Sibuk Urus Bandot Berantem

Selain itu, perubahan alur distribusi juga dituding menjadi faktor meningkatnya harga telor ayam belakangan ini. “Tahun ini proses distribusinya lebih banyak di luar pasar, sehingga di pasar terganggu. Dan ini juga penyebab harga relatif tinggi,” ujarnya.

Adapun distribusi di luar pasar, menurut Abdullah ialah, dengan adanya program bantuan sosial Keluarga Rentan Stunting (KRS) Bapanas, dan adanya distributor atau pedagang telor ayam baru yang menjual telor di luar alur distribusi pasar tradisional.

Baca juga : Aerputh Dorong Pertumbuhan Solopreneur

Kenaikan harga telor ayam ini jadi perbincangan hangat warganet. Akun @budiwaludin mengelus dada mengetahui harga telor ayam naik terus tiap hari. “Harga telor naik terus,” ujarnya.

Akun @shasimi99 yang mengaku sebagai pedagang makanan ringan, ikutan pusing dengan harga telor ayam yang terus naik tiap hari. Padahal kue yang dibikinnya berbahan baku telor ayam. “Bener-bener kena dampak. Gak jualan gak punya uang. Jualan pusing nutup harganya gak ada yang murah,” keluhnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.