Dark/Light Mode

Jadi Inspektur Upacara Pemakaman, Menteri Siti Kenang Kiprah Dan Keberpihakan Sarwono

Minggu, 28 Mei 2023 23:17 WIB
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya saat bertindak sebagai Inspektur Upacara pemakaman Sarwono Kusumaatmadja di pemakaman San Diego Hills, Jawa Barat, Minggu (28/5). (Foto; Instagram/@siti.nurbayabakar)
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya saat bertindak sebagai Inspektur Upacara pemakaman Sarwono Kusumaatmadja di pemakaman San Diego Hills, Jawa Barat, Minggu (28/5). (Foto; Instagram/@siti.nurbayabakar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyampaikan duka mendalam atas berpulangnya Ir. Sarwono Kusumaatmadja. Menteri era Orde Baru dan awal Reformasi ini dikebumikan secara militer di pemakaman San Diego Hills, Jawa Barat, Minggu (28/5). Berdampingan dengan makam istri tercintanya.

Menteri Siti bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam pemakaman tersebut, mengantarkan Sarwono ke tempat peristirahatan terakhir. Lewat akun Instagramnya, Siti menyebutkan bahwa bakti almarhum Sarwono Kusumaatmadja bagi bangsa ini sangat besar. 

"Beliau adalah orang tua, sahabat, mentor dan partner dalam diskusi dengan saran-saran yang bijak, pengetahuan yang luas pemikiran yang inovatif, dan mempermudah kami dalam preparasi kebijakan dan dalam melakukan pengambilan keputusan," ungkap Menteri Siti, sosok yang juga lama lalang melintang di dunia birokrat ini.

Baca juga : Rumahnya Kebakaran, Kakek Sebatang Kara Ditemukan Tewas

Seperti diberitakan, Sarwono menghembuskan nafas terakhir di Penang, Malaysia, Jumat (26/5). Lalu penyambutan jenazah dilakukan pada tanggal 27 Mei sore. Tanggal 28 Mei pagi jenazah diberangkatkan ke pemakaman dengan format tata upacara militer. Dari rumah duka, jenazah Almarhum disemayamkan di Gedung Manggala Wanabakti KLHK untuk memberikan kesempatan pada seluruh jajaran memberikan penghormatan terakhir.

"Sebelumnya, tanggal 25-26 Mei lalu, kami masih berkesempatan bertemu beliau saat masih dirawat di Penang, Malaysia. Kabar duka itu diterima sesaat kami tiba di Tanah Air," cerita politisi NasDem ini.

Ia juga menyampaikan bahwa banyak kepercayaan yang diberikan oleh negara kepada Sarwono di posisi-posisi penting dan strategis. Baik dalam bidang administrasi publik dan birokrasi, lingkungan hidup dan perubahan iklim, eksplorasi kelautan, diplomasi iklim dan lingkungan internasional. 

Baca juga : Kasus Indosurya Segera Disidang, DPR Minta Kerugian Korban Dikembalikan

Sawrono pernah menjabat sebagai anggota DPR (1971-1988), Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (1988-1993), Menteri Negara Lingkungan Hidup (1993-1998), anggota DPR (2004-2009) dan Menteri Eksplorasi Kelautan (1999-2001). Siti juga menilai bahwa keberpihakan Sarwono kepada kepentingan masyarakat, aktualisasi hak azasi manusia serta anti korupsi cukup tinggi. Atas jasa-jasa ini negara juga telah memberikan penghargaan.

"Kita semua secara pribadi memiliki kenangan bersama beliau yang positif dan kesan mendalam. Selamat jalan Pak Sarwono, kiprah dan jasamu akan selalu dalam kenangan. Kami mengikhlaskan kepergianmu dan kami percaya demikian juga keluarga mengikhlaskan. Damailah di sisi Tuhan dalam peristirahatan yang tenang dan kedamaian yang abadi," tutupnya.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.