Dark/Light Mode

Diumumkan Menpan RB

2024, 17 Ribu ASN Dipindah Ke IKN

Minggu, 11 Juni 2023 08:00 WIB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas dalam acara Pengarahan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Kabupaten Penajam Paser Utara, Sabtu (10/06). (Foto: Humas MenpanRB)
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas dalam acara Pengarahan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Kabupaten Penajam Paser Utara, Sabtu (10/06). (Foto: Humas MenpanRB)

 Sebelumnya 
Bupati PPU, Hamdan mengamini, omongan Menpan terkait pentingnya penguatan ASN dalam mempersiapkan diri menjadi Serambi Nusantara. “Bagaimana membangun suatu sistem yang baik dan efektif, sekaligus mempersiapkan diri untuk menjadi serambi IKN,” cetus Hamdan.

Sementara, Wakil Menteri Hukum dan HAM Prof Edward Omar Sharif Hiariej mengatakan, pihaknya siap memindahkan ASN secara bertahap ke IKN mulai tahun depan. Proses pemindahan itu tengah dimatangkan.

“Dalam perencanaan semua ya. Jadi Insyaallah semua akan sesuai target. Pasti ada beberapa persen dipindahkan ke IKN tahun depan, karena ini sudah menjadi rencana nasional,” ungkap pria yang akrab disapa Eddy.

Baca juga : Usul Tambahan Anggaran Tahun 2024, Kemenkop UKM Raih Dukungan Komisi VI DPR

Sayangnya, Eddy tidak merinci persiapan dan perencanaan yang dimaksud. “Kita on the right track untuk menjalankan rencana itu, sesuai tujuan yang disampaikan oleh Bapak Presiden,” tegasnya.

Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara, Dhony Rahajoe juga tengah menyiapkan, ASN untuk pindah ke IKN. Rencananya, setengah dari total ASN yang belum menikah lebih dulu dipindah ke IKN.

“Kita perhitungkan 50 persen yang single dulu yang pindah dan itu akan sharing,” pungkasnya.

Baca juga : AP II Cetak Pendapatan Rp 2,7 Triliun Di Kuartal I

Pembangunan IKN saat ini terus berjalan. Presiden menargetkan upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 dapat digelar di kawasan IKN.

Sampai saat ini, progres pembangunan IKN mencapai 29 persen. Jika tak ada aral melintang, beberapa bangunan pun akan selesai pada Juli 2024, dan bisa digunakan sesuai rencana.

Adapun sejumlah bangunan yang ditargetkan cepat selesai adalah Istana Kepresidenan, Kementerian Polhukam, Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Kementerian Koordinator bidang Maritim dan Investasi, serta Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Baca juga : Otomotif Award Umumkan Kendaraan Terbaik 2023, Ini Daftarnya

Selain gedung-gedung pemerintahan, sektor perairan hingga sanitasi dapat selesai dalam waktu dekat. Sejumlah jalan tol saat ini juga dalam tahap pengerasan, adapun progresnya mencapai 5-10 persen. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.