Dark/Light Mode

Pimpin BNPP

Mahfud MD Dan Tito Resmikan Gerbangdutas 2023 Dari Maluku Barat Daya

Selasa, 13 Juni 2023 21:16 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD bersama Mendagri Tito Karnavian. (Dok. Istimewa)
Menko Polhukam Mahfud MD bersama Mendagri Tito Karnavian. (Dok. Istimewa)

 Sebelumnya 
Pencanangan Gerbangdutas Tahun 2023 ini juga akan ditandai dengan peresmian sejumlah sarana dan prasarana yang pengerjaannya telah selesai pada tahun 2022.

Proyek yang akan diresmikan adalah preservasi jalan di Pulau Leti, rekonstruksi jalan Kliis-Nyama sepanjang 174 km, penggantian Jembatan Wear Nuwewang sepanjang 20 meter di Pulau Leti, pembangunan gedung SMAN 20 Pulau Masela, pembangunan gedung laboratorium kimia SMAN 9 Kecamatan Moa, dan pembangunan Rumah Sakit Umum Penok Tiakur.

Sebelum memulai rangkaian acara pencanangan Gerbangdutas 2023 di Pulau Moa, Menko Mahfud dan Menteri Tito akan memulai kunjungan terlebih dahulu ke Pulau Meatimiarang, di Kecamatan Mdona Hiera, Kabupaten MBD.

Baca juga : Bisnis Penerbangan RI Bakal Makin Bergairah

Pulau Meatimiarang yang memiliki luas 13,29 kilometer persegi ini awalnya adalah pulau tak berpenduduk yang hanya dihuni oleh Satgas Pamputer dari Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Kini, Pulau Meatimiarang dihuni oleh 17 kepala keluarga (KK) yang mata pencahariannya adalah nelayan. Di Pulau Meatimiarang ini, Menko Mahfud MD dan Menteri Tito akan berdialog dengan Satgas Pamputer, sekaligus mengecek sarana dan prasarana.

Tak hanya itu, Menko Mahfud dan Menteri Tito juga turut memberikan bantuan kepada Satgas Pamtas dan masyarakat yang ada di Pulau.

Baca juga : Keliling Pakansari, Ganjar Lari Pagi Bareng Bima Arya

Menko Mahfud MD dan Menteri Tito beserta rombongan akan menyambangi Pulau Meatimiarang, dengan menggunakan helikopter Super Puma milik TNI AU, didukung oleh helikopter angkut Agusta Westland (AW) milik Polri.

Selama Gerbangdutas Tahun 2023, Menko Mahfud MD dan Menteri Tito akan didampingi pejabat tinggi madya BNPP, di antaranya Robert sendiri.

Selain itu, Plh. Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP, Gutmen Nainggolan, Deputi Bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan, Jeffry Apoly Rahawarin, serta Kelompok Ahli (Pokli) BNPP Hamidin dan Ali H. Bogra.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.