Dark/Light Mode

Inilah Jurnalis Pemenang Lomba Berkonten Ria Bersama IndiHome

Jumat, 16 Juni 2023 07:28 WIB
Pemenang lomba Berkonten Ria Bersama IndiHome. (Foto: Dok. IndiHoome)
Pemenang lomba Berkonten Ria Bersama IndiHome. (Foto: Dok. IndiHoome)

RM.id  Rakyat Merdeka - Program Content Creation Competition sangat tinggi selesai dilakaanakan. Antusiasme para jurnalis sangat tinggi dengan kegiatan ini.

Program berkonten ria bersama IndiHome yang diselenggarakan sejak 13 April 2023 hingga 13 Mei 2023 tersebut membuahkan lebih dari 500 karya jurnalistik yang terdiri dari kategori feature news dan straight news.

“Tidak ada tema khusus dalam program yang ditujukan sebagai wadah ekspresi dan kreativitas teman-teman jurnalis di seluruh Indonesia ini," ujar Head of PR IndiHome, Widi Andika H Nugrahadi dalam keterangannya, Jumat (16/6).

Widi menambahkan, Mereka bebas menceritakan pengalaman seru, temuan menarik di lapangan hingga jalan panjang peran IndiHome di pelosok desa di Indonesia.

Baca juga : Lomba Berkonten Ria Bersama IndiHome, Ini Nama Pemenangnya

Hasilnya, para kontestan mengumpulkan beragam cerita unik dan menarik dengan tetap menjaga kaidah karya jurnalistik dengan narasumber yang kredibel di lapangan.

“Saya terkesan dengan para peserta kompetisi lomba menulis ini. Mereka menyajikan tulisan yang dalam dan deskriptif. Saat kami mengurasi, seakan masuk dalam cerita dan laporan yang disuguhkan. Apalagi karya jurnalistik dari teman-teman jurnalis di daerah,” ujar Vice Chief Editor IDN Times, Umi Kalsum yang didapuk sebagai salah satu dewan juri.

Semantara itu Chief Editor Katadata Yura Syahrul menyatakan, bahwa peserta dari daerah sangat mendominasi kompetisi kali ini.

"Mereka terjun ke lapangan langsung dan melakukan wawancara dengan banyak narasumber yang menguatkan isi cerita," ujar Yura.

Baca juga : Provinsi Lampung Raih Juara Di Ajang Lomba Cepat Tepat GTTGN XXIV

Yura menambahkan, peserta yang datang dari berbagai daerah di Indonesia menunjukkan eksistensi jaringan internet IndiHome yang tersebar hingga pelosok desa.

"Akses yang luas tersebut, memudahkan para jurnalis menggali cerita dan melakukan wawancara langsung dengan narasumber di lapangan,” jelas Yura yang juga didapuk sebagai dewan juri kompetisi.

Selain Yura dan Umi, IndiHome sebagai penyelenggara juga ikut serta dalam proses penjurian dan pemilihan pemenang kompetisi jurnalis yang diselenggarakan secara tatap muka di Jakarta.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ardhi Suryadhi, Vice Chief Editor Detikcom dan Ismoko Widjaya, Chief Editor Viva.

Baca juga : Kelar Juni, Pembangunan Rumah Tapak Menteri IKN Dikebut

Mereka para dewan juri menilai secara objektif tanpa mengetahui penulis berita dan nama media.

“Kami juga sangat memperhatikan kaidah penulisan, seperti typo, ejaan bahasa dan pemilihan diksi hingga struktur beritanya,” jelas Ardhi, salah satu dewan juri kompetisi.

Penjurian dinilai berdasarkan empat aspek. Yaitu, pertama angel. Seberapa baru, unik, menarik angle berita yang dijadikan patokan dalam karya jurnalistik.

Kedalaman, semakin dalam eksplorasi penulisan berita akan meningkatkan value angle yang telah ditentukan. Kedua akurasi. Data dan fakta yang disampaikan harus didapatkan sesuai dengan norma jurnalistik.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.