Dark/Light Mode

Cegah Stunting, PDIP Jaksel Dan Chef Ravi Raffaello Ajak Para Ibu Masak Murah dan Bergizi

Kamis, 22 Juni 2023 13:06 WIB
PDI Perjuangan Jaksel dan cheff Ravi Raffaello mensosialisasikan pencegahab stunting dengan mengajak para ibu memasak murah dan bergizi. (Foto: Istimewa)
PDI Perjuangan Jaksel dan cheff Ravi Raffaello mensosialisasikan pencegahab stunting dengan mengajak para ibu memasak murah dan bergizi. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Persoalan stunting di Tanah Air terus menjadi perhatian PDI Perjuangan demi menyiapkan generasi yang unggul, sehat, pintar dan berkualitas.

Hal ini juga menjadi program prioritas pemerintahan Presiden Joko Widodo. Dewan Pimpinan Cabang (DPC )PDI Perjuangan Jakarta Selatan turun langsung menemui masyarakat dengan mengadakan sosialisasi pencegahan stunting di wilayah Bintaro, Jakarta Selatan.

Tak tanggung- tanggung, kali ini chef- juru masak Ravi Raffaello dihadirkan untuk mengenalkan masakan yang sehat dan bergizi kepada para ibu.

Tujuannya sederhana, namun penting; agar para ibu memiliki pemahaman tentang asupan yang terbaik untuk keluarganya, sekaligus mencegah stunting bagi anak- anak.

Baca juga : Baznas: Semoga Masyarakat Kian Nyaman Beribadah

"Sosialisasi stunting sudah beberapa kali kita adakan, tapi kali ini spesial mendatangkan langsung chef profesional agar pengetahuan para ibu juga bertambah tentang gizi dan asupan terbaik bagi anak- anaknya," ujar Ketua DPC PDIP Jakarta Selatan, Yuke Yurike, Rabu (21/6).

Yuke menambahkan, setidaknya dalam kegiatan kali ini, 80 lebih peserta yang dihadiri para ibu ikut serta. Ide awal mengajak Chef turun ke masyarakat langsung kata Yuke, dicetuskan politisi muda PDIP Regina Vianney Ayudya.

Menurut Regina, pentingnya pencegahan stunting, bisa dimulai dari asupan gizi atau masakan yang disiapkan bagi anggota keluarga setiap hari di dalam rumah.

"Dan ini program dari DPC PDIP Jakarta Selatan yang akan terus berjalan keliling atau roadshow di 10 Kecamatan. Buat menarik para ibu- ibu, chef-nya kita datangkan langsung masih muda, dan peserta MasterChef Season 10," ujar Regina.

Baca juga : Cegah Stunting, Dokter Rayendra Gandeng IIDI Bogor

Ia menambahkan, berpolitik diajarkan Ketua Umum Ibu Megawati tidak melulu bicara elektoral semata, bekerja atau turun ke masyarakat hanya mendekati Pemilu.

"Sebagai kader harus peka melihat kondisi di sekeliling kita. Salah satunya yang menjadi fokus adalah pencegahan stunting. Pencegahan stunting merupakan program reguler di PDIP," sambung Regina.

Lebih lanjut Regina mengatakan, sejumlah olahan makanan yang dijelaskan kepada para ibu saat sosialisasi diambil dari buku berjudul 'Resep Makanan Baduta dan Ibu Hamil' untuk Generasi Emas Indonesia' yang digagas Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri.

Sekadar informasi, buku ini terinspirasi dari buku berjudul Mustika Rasa, yang berisi resep kuliner khas Nusantara dan diprakarsai oleh Sang Proklamator Bung Karno.

Baca juga : Cegah Stunting, BPIP Kerahkan Paskibraka

Dari dua buku ini (Mustika Rasa dan Resep Makanan Baduta dan Ibu Hamil) Chef Ravi mencoba menjelaskan secara ringan dan sangat mudah dimengerti kepada para ibu.

"Supaya para olahan makanan yang bergizi itu sebetulnya tidak perlu harus mahal, asal dimengerti resepnya. Toh, bahan makanan di Indonesia sangat berlimpah dan beragam," tutur Regina yang juga Ketua DPP Banteng Muda Indonesia (BMI) bidang Luar Negeri.

Sementara itu, resep yang disampaikan oleh Chef Ravi, berupa nasi kari lele tempe (oseng kacang panjang), kentang rebus, omelet mie sayuran, sup sayur, tahu kukus dan pancake pisang.

"Ini bahan- bahannya dan menunya sederhana sekaligus murah meriah. Jadi para ibu bisa langsung mempraktikkannya di rumah," tutur Raffi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.