Dark/Light Mode

Hapus Tes SIM Angka 8

Kapolri Banjir Pujian

Jumat, 23 Juni 2023 08:00 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan arahan di upacara wisuda Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian STIK, Jakarta Selatan, Rabu 21/6. (Foto: Dok. YouTube/STIK)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan arahan di upacara wisuda Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian STIK, Jakarta Selatan, Rabu 21/6. (Foto: Dok. YouTube/STIK)

 Sebelumnya 
Politisi senior PDIP ini juga usul agar Kapolri memberikan arahan kepada jajarannya untuk memperjelas proses pembuatan SIM. Misalnya, ada aturan main yang jelas, baik soal biaya maupun waktu yang dibutuhkan masyarakat.

“Harus diberikan penerangan. Kalau perlu Kapolri memerintahkan Polda dan Polres yang urus SIM. Dibuat aturannya begini, biayanya berapa, lama selesainya kapan,” saran Trimed.

Ia juga mendengar keluhan masyarakat terkait waktu pembuatan SIM. Ada yang selesai dalam waktu 1 atau 2 jam, ada pula yang sampai seharian. Hal seperti ini yang menyulitkan masyarakat. Terlebih jika SIM itu digunakan untuk mencari nafkah.

Baca juga : Kasus Suap PPU, Andi Arief Kembali Dipanggil KPK

Anggota Komisi III DPR Arsul Sani menilai, evaluasi tes pembuatan SIM tidak boleh hanya bertumpu pada upaya agar warga tak dipersulit. Namun, juga pengawasannya diperketat, khususnya terhadap pungutan liar (pungli).

Arsul menerangkan, selama ini Komisi III DPR banyak mendapat laporan keluhan dari masyarakat di berbagai daerah dalam membuat SIM. Hal seperti ini yang harus diperbaiki. Sebab, biaya pembuatan SIM jauh lebih besar ketimbang tarif resminya meski pembayaran sudah dilakukan melalui bank penerima.

“Inilah yang masih dikeluhkan sebagai pungli oleh warga masyarakat di banyak daerah,” ujarnya.

Baca juga : SIM Keliling Bekasi Kamis 8 Juni Hadir Di Bekasi Cyber Park

Di dunia maya warga juga ikut memuji Kapolri. Akun @duniaordinary amat bersyukur, keluhan masyarakat mengenai kesulitan dalam tes pembuatan SIM ini didengar Kapolri.

“Setelah beribu purnama, akhirnya ada Kapolri yang menyindir juga kekurangan di instansinya sendiri,” kata @duniaordinary.

“Ini riil, bener banget Kapolri, bahwa pembuatan SIM, jangan dipersulit,” timpal akun @sukses_subhan.

Baca juga : Pelatnas Asian Games, PBVSI Panggil 18 Pemain Putra

Akun @gunardi menyebut, langkah Kapolri itu sangat mantap. “Rakyat sangat setuju Pak,” tulisnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.