Dark/Light Mode

Sebut Calon Ketua Timses Ganjar, Puan Bikin Andika Happy

Sabtu, 24 Juni 2023 08:33 WIB
Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa ziarah ke makam Presiden RI Ke-1 Soekarno di Blitar, Jawa Timur, Rabu (21/6). (Foto: Ist)
Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa ziarah ke makam Presiden RI Ke-1 Soekarno di Blitar, Jawa Timur, Rabu (21/6). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Puan Maharani akan membentuk Tim Sukses Pemenangan Ganjar Pranowo di Pilpres. Mantan Panglima TNI, Jenderal (purn) Andika Perkasa disebut Puan akan jadi calon ketuanya. Puan bikin Andika happy nih…

Penyebutan nama Andika diucapkan Puan saat meninjau persiapan acara puncak Bulan Bung Karno (BBK) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (22/6). 

"Ya, saya yang ditugaskan untuk kemudian nantinya itu membentuk tim. Masuk (Andika) dalam list saya," kata Puan saat menjawab pertanyaan media. 

Dia bilang, nama Andika tidak asing bagi PDIP. Saat ditanya apakah Andika sudah jadi kader Banteng, Puan tidak menjawabnya.

"Jadi, nanti tanyakan sendiri ke Pak Andika. Pak Andika sudah jadi kader PDIP belum sih? Nanti tanya ya Pak sudah punya KTA (PDIP) belum sih," ungkap Ketua DPR itu. 

Baca juga : Pemuda Dan Perempuan Ganjar Latih Ibu-Ibu Buat Keripik Singkong Di Gowa

Ditanya lagi mengenai Andika yang berziarah ke makam kakeknya, Soekarno di Blitar, Jawa Timur, Puan pun mengaku tidak mengetahui. Puan mempersilakan, siapa pun untuk berziarah ke makam Presiden pertama tersebut. 

"Bung Karno itu kan milik bangsa, proklamator. Jadi semuanya bisa datang ke sana berziarah, berdoa dan lain sebagainya," tandas dia. 

Untuk diketahui sebelum ramai disebut akan jadi Ketua Tim Sukses Pemenangan Ganjar, Andika melakukan ziarah ke makam Bung Karno di Blitar, Jawa Timur, Rabu (21/6). Kunjungan Andika bertepatan dengan Haul ke-53 ayah dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tersebut. 

Pada kesempatan itu, Andika sempat menerima video call dari Mega. Andika disambungkan oleh keponakan Mega, Romy Hendra Soekarno. Romy menyebut, Andika menyampaikan terima kasih dan salam hormat kepada Mega.

Menariknya, di kesempatan ziarah ini Andika tidak sendirian. Selain didampingi istrinya, Hetty Andika Perkasa, Andika juga ditemani sejumlah politisi senior Banteng. Antara lain Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat, dan anggota DPR Fraksi PDIP Andreas Pareira. 

Baca juga : Skandal Pungli Rutan, KPK Bentuk Timsus Usut Pelanggaran Disiplin

Dikonfirmasi terpisah, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto berujar pihaknya belum membentuk Tim Sukses Pemenangan Ganjar. "Tim pemenangan dibentuk setelah ada calon wakil presiden,” ujar Hasto kepada awak media usai gladi bersih puncak acara BBK di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, kemarin. 

Dengan demikian, sampai saat ini belum ada sosok yang akan ditetapkan sebagai ketuanya. "Pembentukan tim pemenangan perlu dibentuk bersama dengan partai koalisi, lalu didaftarkan ke KPU," cetusnya.

Lalu apa penilaian pengamat tentang masuknya nama Andika? Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin melihat, ada kedekatan antara Andika dengan Mega. Apalagi mertua Andika, Hendropriyono sudah lama dekat dengan Mega.

Jadi, kata dia, wajar seorang tokoh seperti Andika mendekati Mega menjelang Pemilu 2024. Ujang yakin banyak agenda yang akan didiskusikan Andika dengan Mega. Bahkan, pertemuan mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) itu dengan Mega bisa menjadi sinyal kerja sama politik ke depan. Bahkan Andika bisa jadi calon wakil presiden.

"Kita lihat saja nanti langkah-langkah Andika dan Mega pasca pertemuan itu. Ini harus kita cermati ke depan," pungkas Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) itu. 

Baca juga : Pemuda Dan Perempuan Ganjar Gelar Pelatihan Tari Musik Di Gowa

Sementara, Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya, menilai akan menjadi menarik apabila Ganjar menggandeng Andika. Munculnya nama Andika disebut menjadi menarik, sebab lawan terbesar Ganjar adalah Prabowo yang berlatar belakang militer.

Dia menilai, Andika memiliki kekuatan tersendiri jika mendampingi Ganjar. "Karena lawannya dari Ganjar ini kan yang paling kuat saat ini Prabowo dengan kelengkapan sosok jenderal, di sampingnya itu jadi kekuatan tersendiri," pungkasnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.