Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Cek Harga Bapok H-1 Hari Raya Idul Adha, Mendag: Stabil Bahkan Cenderung Turun

Rabu, 28 Juni 2023 15:33 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat mengecek harga kebutuhan pokok bapok sehari jelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah di Pasar Kalianda, Lampung Selatan, Rabu (28/6). (Foto: Kemendag)
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat mengecek harga kebutuhan pokok bapok sehari jelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah di Pasar Kalianda, Lampung Selatan, Rabu (28/6). (Foto: Kemendag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan mengecek harga barang kebutuhan pokok (bapok) di Pasar Kalianda di Lampung Selatan, Rabu (28/6), sehari jelang Hari Raya Idul Adha.

Temuan Mendag, harga bapok di Pasar Kalianda terpantau stabil, cenderung turun di bawah harga rata-rata nasional. 

"Selain itu, pasokannya tetap terjaga," kata Mendag, seperti dilansir laman kemendag.go.id, Rabu (28/6).

Baca juga : H-1 Idul Adha, Mendag Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil

Ketum PAN ini juga bilang bahwa pemerintah pusat akan melakukan revitalisasi pasar yang dimiliki Pemerintah Daerah Lampung Selatan, salah satunya Pasar Natar.

Pada kesempatan tersebut, Mendag didampingi oleh Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Isy Karim dan Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri, Krisna Ariza.

Selain di Lampung Selatan, harga bapok di sejumlah daerah lainnya juga terpantau stabil. Di Jombang misalnya, harga telur ayam justru mengalami penurunan. Dari harga Rp 29.500 per kilogram (kg), turun menjadi Rp 28.500 per kg. 

Baca juga : Presiden Jokowi Dan Pj Heru Tinjau Pasar Palmerah

Hanya bawang merah yang terpantau naik tipis menjadi Rp 32 ribu per kg, dari harga sebelumnya Rp 30 ribu per kg.

Sementara harga daging sapi stabil di harga Rp 110 ribu per kg. Begitupun harga daging ayam, yang sempat bikin kaget Presiden Jokowi ketika mengecek harga bapok di Pasar Pal Merah, Senin (26/6) lalu karena tembus Rp 50 ribu per Kg. Di Jombang, harganya tetap Rp 37 ribu per kg. 

Harga bapok di Pasar Inpres Muara Enim juga terpantau stabil. Hanya harga daging yang mengalami kenaikan, dari Rp 140 ribu per kg menjadi Rp 150 ribu per kg.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.