Dark/Light Mode

Teladani Perjuangan Nabi Ibrahim

Sultan Najamudin: Kurban Sarana Perkuat Kohesi Sosial

Jumat, 30 Juni 2023 09:22 WIB
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah DPD RI Sultan B Najamudin. Foto: Istimewa
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah DPD RI Sultan B Najamudin. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sultan B Najamudin memiliki pesan pada momentum Hari Raya Idul Adha tahun 2023.

Selain menyerahkan langsung hewan kurban ke setiap kabupaten dan kota se-Provinsi Bengkulu, eks Wakil Gubernur Bengkulu itu berkesempatan merayakan Hari Raya Kurban bersama keluarga besar dan masyarakat di kampung kelahirannya di Bengkulu.

Baca juga : Meneladani Nabi Ibrahim Saat Idul Adha Dengan Ketaatan Dan Pengorbanan

Bagi Sultan, Hari Raya Idul Adha adalah kesempatan paling penting kepada semua umat Islam untuk menunjukkan komitmen kemanusiaan dan kesyukurannya kepada Tuhan.

"Berkurban bagi kami merupakan bentuk pengabdian dan perjuangan nir pamrih Nabi Ibrahim dan Ismail yang patut kita teladani," ujar Sultan melalui keterangan resminya Jumat (30/6).

Baca juga : Kalangan Muda Generasi Z Dan Alfa Luncurkan Gen Perubahan

Oleh karena itu, kata Sultan, Lebaran Haji perlu dijadikan sebagai ibadah sekaligus tradisi membangun kekuatan sosial sekaligus ekonomi bangsa. Dalam perspektif Islam, kata Sultan, disebut hablumminallah sekaligus hablumminannas.

"Kami mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha dan khusus kepada seluruh umat Islam Indonesia yang menunaikan Ibadah Haji ke Tanah Suci Mekkah pada tahun ini," ucap Sultan.

Baca juga : Wapres Serahkan Sapi Kurban Satu Ton Lebih Ke Masjid Istiqlal

Lebih lanjut, mantan aktivis KNPI berharap perayaan Hari Raya Idul Adha kali ini menjadi momentum penting bagi bangsa ini untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Terutama di tengah hiruk-pikuk politik yang makin memanas menjelang tahun Pemilu 2024.

"Idul Adha dan ibadah haji harus menjadi sarana pemersatu di tengah konstelasi politik menjelang Pemilu 2024. Terutama bagi para elite politik dan khususnya pemerintah dalam memperkuat kohesi sosial dan keseimbangan demokrasi Indonesia," ujar Sultan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.