Dark/Light Mode

Nggak Posting Momen Beribadah Haji Di Medsos

Ganjar Tampil Elegan Dalam Persaingan Pilpres 2024

Sabtu, 1 Juli 2023 12:23 WIB
Bacapres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)
Bacapres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud mengundang sejumlah tokoh dalam jamuan makan siang di Makkah, Arab Saudi, Kamis (29/6). Salah satunya bakal capres Ganjar Pranowo yang sedang melaksanakan ibadah haji juga menjadi salah satu orang yang diundang.

Menariknya, Ganjar sama sekali tidak memamerkan momen ibadah haji dan saat berada di dalam acara itu. Pengamat politik Saidiman Ahmad menilai Ganjar sangat selektif dalam memanfaatkan momen.

“Mungkin itu menunjukkan karakter masing-masing tokoh. Anies lebih banyak memanfaatkan setiap moment, sementara Ganjar lebih selektif,” ujar Saidiman kepada wartawan.

Pengamat politik Karyono Wibowo mengatakan Anies beberapa kali mengunggah foto kegiatan bersama Kerajaan Arab Saudi tersebut meskipun itu suatu hal yang lumrah.

Baca juga : Ibadah Haji, Spiritual Ganjar Digembleng

"Tidak ada yang salah dari yang dilakukan Anies, hanya saja terkesan pamer dan ingin mendapat pengakuan bahwa dirinya diundang Raja Salman," ujar dia saat dihubungi, Sabtu (1/7).

Dia menilai tindakan Anies itu sebagai upaya mendapatkan efek elektoral.

"Anies mungkin sengaja mengkapitalisasi momen kebersamaaan dengan Raja Salman untuk membangun citra diri dengan harapan mendapat simpati umat muslim," ujar dia.

Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad pun membandingkan perbedaan antara Anies dan Ganjar dalam menjalan ibadah haji.

Baca juga : PPP Optimis Duet Ganjar-Sandiaga Uno Menang Pilpres 2024 Satu Putaran

Menurut Saidiman, tindakan Anies mengunggah kegiatan undangan makan siang oleh Raja Salman semacam bentuk pengakuan.

"Ya, saya juga melihat ada perbedaan antara Ganjar dan Anies dalam memperlakukan ibadah haji yang mereka ikuti. Setidaknya itu terlihat dari unggahan di masing-masing akun media sosial mereka, terutama Instagram," ujar Saidiman.

Dia menyebut Anies sejak berangkat sudah mengunggah postingan soal perjalanan hajinya.

Hal tersebut berbeda jauh dengan Ganjar Pranowo yang terlihat elegan dengan tidak mengunggah kegiatan dan ibadah yang dilakukannya.

Baca juga : Ribuan Kader BMI Siap Menangkan Ganjar Dan PDIP Di Pilpres 2024

"Sementara Ganjar tidak punya postingan sama sekali soal itu," kata dia.

Dia pun menilai unggahan Anies itu menunjukkan karakternya lebih banyak memanfaatkan setiap moment. "Sementara Ganjar lebih selektif," imbuh dia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.