Dark/Light Mode

Survei Voxpopuli: Head to Head, Prabowo Kalahkan Ganjar

Senin, 3 Juli 2023 17:15 WIB
Elektabilitas Calon Presiden. (Foto: Ist)
Elektabilitas Calon Presiden. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Sementara itu Ganjar yang tetap mendapatkan dukungan dari Jokowi sebagai sesama “petugas partai” hanya meraup sebagian kecil migrasi dari pendukung capres lain. “Kekuatan Ganjar sangat mengandalkan faktor PDIP, kurang menjangkau potensi pemilih yang lebih luas,” tandas Achmad.

Di kubu perubahan, minimnya migrasi terhadap Anies menunjukkan bahwa publik lebih memilih capres yang berorientasi pada keberlanjutan program Jokowi. Pada skenario Pilpres tanpa Anies, lagi-lagi Prabowo lebih mampu menggaet basis pendukung Anies ketimbang Ganjar.

Baca juga : Survei Voxpopuli: PDIP-Gerindra Bersaing Ketat, Nasdem Kian Terpuruk

Dalam skenario tiga pasang capres-cawapres, jika tidak ada yang mampu mencapai suara lebih dari 50 persen, Pilpres akan berlangsung dalam dua putaran. Tetapi jika hanya ada dua pasang, maka Pilpres cukup digelar satu putaran saja.

Simulasi ini juga menihilkan faktor lain seperti cawapres pendamping masing-masing figur dan kerja-kerja partai-partai pengusung yang berkoalisi. “Dengan proyeksi yang ada, kubu Ganjar harus lebih cermat dalam memilih cawapres untuk mendongkrak elektabilitas,” pungkas Achmad.

Baca juga : Survei Algoritma: Pemilih Jokowi Mayoritas Pilih Ganjar Pranowo

Survei Voxpopuli Research Center dilakukan pada 15-21 Juni 2023, kepada 1200 responden yang dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling) mewakili seluruh provinsi di Indonesia. Margin of error survei sebesar ±2,9 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.