Dark/Light Mode

RS Labuang Baji Terapkan Aplikasi SIMRS DHealth

Jumat, 7 Juli 2023 07:50 WIB
Peresmian penggunaan aplikasi digital untuk pelayanan rumah sakit/Ist
Peresmian penggunaan aplikasi digital untuk pelayanan rumah sakit/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Rumah Sakit (RS) Labuang Baji memasuki langkah awal dalam pelayanan kesehatan digitalisasi rumah sakit. Sejalan dengan arahan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan tentang pentingnya rumah sakit menghadirkan transformasi digital dalam pelayanannya, Abdul Haris Nawawi selaku Direktur RS Labuang Baji mengupayakan terwujudnya visi SMART Hospital di rumah sakitnya.

Dengan penerapan SMART Hospital, RS Labuang Baji mengaplikasikan SIMRS DHealth yang memiliki fitur-fitur inovatif. Seperti modul Electronic Medical Record (EMR) yang memungkinkan penyimpanan catatan medis pasien secara elektronik serta terintegrasi dengan BPJS dan Kementerian Kesehatan. Kesepakatan ini hasil kolaborasi RS Labuang Baji bersama DHealth yang diresmikan Sabtu, 24 Juni 2023.

Baca juga : Perkuat Kolaborasi Tanggulangi Terorisme, BNPT Luncurkan Aplikasi Digital I-KHub

Pengaplikasian SIMRS ini untuk mewujudkan beberapa poin penting dalam pelayanan kesehatan yang mendukung program Kemenkes, terkait kemudahan akses bagi pasien, Integrasi antar fasilitas kesehatan dengan BPJS, dan memiliki EMR yang lengkap.

Abdul Haris Nawawi menyatakan, mengimplementasikan SIMRS guna meningkatkan mutu layanan kesehatan. Pihaknya percaya SIMRS akan membawa perubahan positif dalam pengelolaan data pasien serta proses administratif di rumah sakit.

Baca juga : HIPMI: IMF Harus Objektif Terhadap Kebijakan Hilirisasi Indonesia

“Juga membantu kami dalam memberikan perawatan medis yang berkualitas, sehingga rumah sakit bisa memberikan yang terbaik dari kualitas pelayanan, pengalaman bagi pasien, dan mempermudah staf dalam mengoperasikan sistemnya,” ujar Abdul Haris.

Implementasi SIMRS merupakan bukti RS Labuang Baji siap menghadapi tantangan di era digital dan memastikan pelayanan kesehatan yang efektif, efisien, dan terpercaya. 

Baca juga : Sekjen KLHK Ajak Mahasiswa Fahutan IPB Terapkan Transglobal Leadership

Hal ini juga menunjukkan komitmen kuat DOCOTEL serta DHealth dalam mendukung kemajuan sistem pelayanan kesehatan di Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.