Dark/Light Mode

Sukses Turunkan Stunting, Bupati Suwirta Raih Satyalencana Wira Karya

Jumat, 7 Juli 2023 23:09 WIB
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menerima penghargaan Tanda Kehormatan Satyalencana Wira Karya sebagai apresiasi atas kontribusinya dalam upaya menurunkan angka stunting di Klungkung di lapangan Kantor Bupati Banyuasin, Sumatera Selatan, Kamis (6/7). (Foto: Istimewa)
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menerima penghargaan Tanda Kehormatan Satyalencana Wira Karya sebagai apresiasi atas kontribusinya dalam upaya menurunkan angka stunting di Klungkung di lapangan Kantor Bupati Banyuasin, Sumatera Selatan, Kamis (6/7). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menerima penghargaan Tanda Kehormatan Satyalencana Wira Karya sebagai apresiasi atas kontribusinya dalam upaya menurunkan angka stunting di Klungkung, Bali.

Penghargaan diberikan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia KH. Ma'ruf Amin saat puncak acara peringatan Hari Keluarga Nasional ke 30 tahun 2023, bertempat di lapangan Kantor Bupati Banyuasin, Sumatera Selatan, Kamis (6/7).

"Ini merupakan tanda penghormatan yang ke 6 yang berhasil saya dapatkan. Penghargaan tahun ini diraih berkat berbagai gebrakan yang telah dilakukan dan kerja sama dalam memerangi dan menurunkan angka stunting," kata Bupati Suwirta.

Bersama Tim Penggerak PKK dan sejumlah OPD, termasuk juga pembentukan tim percepatan penanganan stunting, angka stunting bisa turun dari 19 persen menjadi 7 persen.

Baca juga : Sukses Turunkan Angka Stunting, Ganjar Disematkan Satyalencana Wira Karya

Satyalencana Wira Karya merupakan tanda kehormatan yang diberikan Pemerintah Republik Indonesia kepada para kepala daerah atau warga yang telah memberikan darma bakti besar kepada negara dan bangsa Indonesia, sehingga menjadi teladan bagi orang lain.

Diakui, prestasi ini bukan tujuan utama. Tujuan utamanya yakni angka stunting bisa 0 persen di Klungkung. Dia pun berterima kasih kepada Pemerintah Pusat untuk penghargaan ini.

"Namun saya pun wajib memberikan apresiasi pada seluruh OPD, Tim Penggerak PKK, tim percepatan Penanganan Stunting hingga para perangkat desa serta warga," papar Bupati Suwirta.

Berdasarkan data statistik PBB tahun 2020, bahwa 22 persen balita di seluruh dunia mengalami stunting. Jumlahnya kurang lebih 149 juta balita dan dari jumlah tersebut sekitar 6,3 juta balita stunting pada tahun 2020 adalah balita Indonesia.

Baca juga : Sukses Turunkan Angka Stunting, Ganjar Disematkan Penghargaan Satyalencana Wira Karya

Dampak stunting bukan hanya tinggi badan. Akan tetapi kualitas hidup individu akibat munculnya penyakit kronis, ketertinggalan dalam kecerdasan, dan kalah di dalam persaingan.

"Stunting harus menurun minimal 3,8 persen per tahun adalah target dari BKKBN. Kita harus serius menurunkan angka stunting, oleh karena itu keluarga menjadi faktor kunci dalam mencegah stunting," tandas Suwirta.

Menurut Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022, prevalensi stunting nasional rata rata masih 21,6 persen. Bahkan di beberapa daerah skor prevalensinya lebih tinggi dari rata rata nasional sehingga sudah termasuk status darurat stunting.

Indonesia menargetkan penurunan stunting besar-besaran, pada 2024 target stunting adalah 14 persen. Dikatakan, anemia adalah salah satu risiko melahirkan bayi stunting.

Baca juga : Turunkan Stunting, Dexa Medica-BKKBN Edukasi Ribuan Bidan

Oleh karena itu, orang tua khususnya ibu hamil perlu konsumsi buah dan sayur. Kualitas hidup pun perlu ditingkatkan dengan cara tidak merokok, minum alkohol dan begadang.

"Jika gizi orang tua tidak cukup, ditambah pola hidup yang tidak baik maka akan beresiko lebih besar melahirkan bayi stunting," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.