Dark/Light Mode

SD Bawamai Pontianak Ke Brunei Darussalam Jalin Kerja Sama Pendidikan

Jumat, 7 Juli 2023 22:40 WIB
Delegasi SD Bawamai Pontianak yang melakukan kunjungan ke Brunei Darussalam dari tanggal 6 sampai 8 Juli 2023. (Foto: KBRI Bandar Seri Begawan)
Delegasi SD Bawamai Pontianak yang melakukan kunjungan ke Brunei Darussalam dari tanggal 6 sampai 8 Juli 2023. (Foto: KBRI Bandar Seri Begawan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bangun Kerja Sama Pendidikan, Delegasi SD Bawamai Pontianak Kunjungi Brunei Darussalam

Delegasi dari Sekolah Dasar (SD) Bawamai Pontianak melakukan kunjungan muhibah ke Brunei Darussalam, dalam rangka mempererat silaturahmi dan kerja sama di bidang pendidikan. Kunjungan ini berlangsung dari tanggal 6 sampai 8 Juli 2023.

Delegasi yang terdiri dari 40 orang, termasuk Kepala Sekolah, para guru, staf, dan murid, menjalankan serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kemajuan sekolah masing-masing.

Dalam kunjungannya, delegasi SD Bawamai Pontianak melakukan pertemuan dengan Persekutuan Guru-Guru Melayu Brunei (PGGMB) di Bandar Seri Begawan. 

Baca juga : Dubes China Untuk ASEAN Jajaki Kerja Sama Pendidikan Dengan Universitas Udayana

Mereka diterima oleh Haji Jamal bin Haji Kahar, Ketua PGGMB, dan Haji Badar bin Haji Ali, Wakil Presiden PGGMB, untuk membahas upaya-upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan pendidikan di kedua negara. 

Delegasi SD Bawamai ini bertemu dengan Kuasa Usaha ad interim KBRI Bandar Seri Begawan, Irwan Iding. Irwan menyambut kunjungan tersebut dengan baik dan mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh SD Bawamai Pontianak dalam meningkatkan kerja sama pendidikan. 

Menurutnya, kunjungan tersebut bukan kali pertama dilakukan oleh kedua negara. Sudah ada beberapa kali, guru dari kedua negara saling berkunjung satu sama lain.

"Artinya kerja sama pendidikan sudah berjalan dengan sangat erat antara kedua negara," kata Irwan, dalam keterangannya, Jumat (7/7).

Baca juga : Paten! Bareng Jokowi, Ketua Kadin Jalin Kerja Sama Ekonomi dengan Australia

Ia berharap kunjungan semacam ini akan memberikan manfaat nyata bagi dunia pendidikan di Indonesia.

Kepala Sekolah SD Bawamai Pontianak Hatta Abdulhaji menjelaskan tujuan utama dari kunjungan ke Brunei tersebut. Diantaranya untuk memberikan wawasan dan pengalaman yang positif bagi sekolah dan murid-murid di Indonesia. 

"Pengalaman yang berdampak positif bagi sekolah maupun murid-murid di Indonesia," tuturnya.

Selama berada di Brunei, para delegasi juga mengunjungi Sekolah PGGMB di Sungai Akar untuk melihat langsung sistem dan suasana belajar mengajar yang ada di sana. 

Baca juga : Terbang Ke China, Menperin Bakal Bahas Kerja Sama Industri

Selain itu, mereka juga mengunjungi beberapa tempat menarik di Brunei, termasuk Istana Nurul Iman, Masjid Jame 'Asr Hassanil Bolkiah, Masjid Omar Ali Saifuddin, dan Museum Alat Kebesaran Diraja.

KBRI Bandar Seri Begawan memberikan dukungan dan mendorong kerja sama di bidang pendidikan antara Indonesia dan Brunei Darussalam. 

Terdapat kerja sama yang erat antara PGGMB dan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), yang terlihat melalui kesepakatan dan hubungan kerja sama yang telah terjalin lama.

Kedua organisasi guru tersebut sering berinteraksi dan terlibat dalam pertemuan-pertemuan seperti Pertemuan Guru Nusantara dan Konvensi Dewan Guru ASEAN (ACT).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.