Dark/Light Mode

Karya Tulis Amat Penting Dalam Lestarikan Kearifan Lokal

Selasa, 11 Juli 2023 15:15 WIB
Jambore Literasi yang diselenggarakan Pemprov Bengkulu, Selasa (11/7). (Foto: Dok. Perpusnas)
Jambore Literasi yang diselenggarakan Pemprov Bengkulu, Selasa (11/7). (Foto: Dok. Perpusnas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Karya tulis sangat penting agar segala bentuk informasi dapat terdokumentasikan dengan baik. Apalagi jika menyangkut kearifan lokal yang amat dibutuhkan sebagai upaya pengingat warisan peradaban dan kebudayaan setempat.

Pentingnya karya tulis ini ditekankan dalam Jambore Literasi yang dilakukan Pemprov Bengkulu, Selasa (11/7). Pustakawan Utama Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Deni Kurniadi mengatakan, setiap pemerintah wajib mendorong masyarakatnya untuk aktif menulis tentang kearifan lokal daerahnya, termasuk di Bengkulu.

“Perpustakaan Nasional akan mendukung segala bentuk upaya yang dilakukan pemerintah daerah demi memenuhi kebutuhan bahan bacaan masyarakat, serta aksesibilitas terhadap sumber informasi, dan produktivitas, di antaranya yang berbasis konten lokal,” ucapnya, seperti keterangan yang diterima redaksi, Selasa (11/7).

Baca juga : Mulai Besok, Jemaah Gelombang II Diberangkatkan ke Madinah

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bengkulu Meri Sasdi secara khusus mengatakan, dukungan Perpusnas terhadap peningkatan literasi di Bengkulu sangat luar biasa. Kreativitas dan inovasi program literasi menjadi kata kunci dari keberhasilan yang kami peroleh. 

“Hasilnya, provinsi Bengkulu mendapatkan prestasi terbaik nasional selama dua tahun berturut-turut,” tuturnya. 

Duta Baca Indonesia Gol A Gong, yang hadir menjadi nara sumber talksow dan pelatihan kepenulisan, berharap semarak Jambore Literasi bisa terus konsisten dilaksanakan Pemprov Bengkulu. Kegiatan ini, diakui Gol A Gong amat penting untuk menumbuhkan kesadaran literasi masyarakat. 

Baca juga : MIPI: Tingkat Demokrasi Dalam Otonomi Daerah Sejalan Dengan Kesejahteraan Rakyat

“Orang yang memiliki literasi tinggi dipastikan menjadi faktor penting dalam pembangunan negara maju,” imbuhnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Bengkulu Hamka Sabri mengukuhkan Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (PD IPI) Bengkulu periode 2023-2026. 

Kegiatan Jambore Literasi merupakan kali pertama diadakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bengkulu. Di sini ditampilkan beragam lomba tingkat pelajar dan pameran produk unggulan kerajinan dan makanan olahan hasil program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) dari seluruh kabupaten/kota di wilayah Bengkulu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.