Dark/Light Mode

Siapkan Masa Pensiun Yang Produktif

Masyarakat Cirebon Ikuti Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar

Kamis, 13 Juli 2023 14:34 WIB
Sahabat Sandiuno Cirebon menggelar Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar dan Pakan Mandiri Maggot di Kota Cirebon, Kamis (12/7). (Foto: Ist)
Sahabat Sandiuno Cirebon menggelar Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar dan Pakan Mandiri Maggot di Kota Cirebon, Kamis (12/7). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sahabat Sandiuno Cirebon menggelar Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar dan Pakan Mandiri Maggot di Kota Cirebon, Kamis (12/7). 

Kegiatan pelatihan ini diserbu ratusan warga Cirebon lantaran dinilai memiliki peluang bisnis baru bagi masyarakat. Hal tersebut selaras dengan yang disampaikan Faizal Fiqri selaku perwakilan dari Direktorat Relawan Sandiaga Uno

"Pemateri yang kami hadirkan sudah survei melihat situasi di wilayah ini dan memang cocok untuk budidaya ikan gurami dan ikan lele, di sini peserta langsung tau potensial ikan apa yang dapat dibudidayakan," kata Faizal, Kamis (12/7/23). 

Baca juga : Tuan Guru Ganjar Edukasi Masyarakat Serdang Bedagai Tentang Sujud Tilawah

Para peserta hadir sejak pagi hari dan serius menyimak pemaparan dari seluruh pemateri. Pemateri juga diberikan tips untuk menghemat biaya pakan ikan air tawar yang relatif mahal dengan cara membuat pakan mandiri (maggot). 

"Kita melihat 95 persen peserta yang hadir ini memang bukan dari pelaku pembudidaya ikan air tawar, jadi kita berikan pelatihan dari awal dengan harapan akan hadir pembudidaya-pembudidaya ikan air tawar baru sehingga tercipta peluang bisnis dan lapangan pekerjaan baru," ujar Faizal.

Kegiatan pelatihan dari Relawan Sandiaga Uno ini mendapat respon baik dari warga sekitar. Tata (60) salah satu peserta yang mengikuti pelatihan mengatakan Relawan Sandiaga Uno membuatnya termotivasi untuk menjalankan bisnis budidaya ikan air tawar.

Baca juga : Ganjaran Buruh Berjuang Gelar Pelatihan Bagi Karyawan Muda Di Indramayu 

"Saya sangat senang kegiatan ini sangat menambah wawasan saya dan artinya ini juga buat bahan saya di masa pensiun ini," ucap Tata. 

Tata mengaku ia sudah punya kolam ikan namun kondisinya terbengkalai karena ia kekurangan pengetahuan dan wawasan untuk cara budidaya ikan. 

"Saya jadi sangat termotivasi sekali, dan berterima kasih kepada Pak Sandiaga Uno yang kemungkinan juga akan berjuang, mudah-mudahan sukses menjadi RI 1, saya mengapresiasi dan mendoakan Pak Sandi," tandas Tata.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.