Dark/Light Mode

Kece Banget! Stasiun KA Cepat Dihias Motif Khas Indonesia

Kamis, 20 Juli 2023 19:57 WIB
Salah satu motif khas Indonesia di salah satu stasiun KA Cepat Jakarta-Bandung. (Foto: KCIC)
Salah satu motif khas Indonesia di salah satu stasiun KA Cepat Jakarta-Bandung. (Foto: KCIC)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kereta Api Cepat (KA Cepat) Jakarta-Bandung menghadirkan pengalaman menarik bagi penumpang dengan sentuhan motif khas Indonesia di beberapa sisi stasiun.

General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa mengatakan penggunaan motif dan unsur budaya Indonesia ini bertujuan untuk memperkuat identitas budaya Indonesia di panggung internasional. 

Apalagi KA Cepat di Indonesia, adalah yang pertama di Asia Tenggara. Sehingga menjadi kesempatan ideal untuk menampilkan kekayaan budaya Indonesia ke seluruh dunia.

"Kebudayaan Indonesia tersebut akan menjadi suatu warisan yang akan terus dikenang masyarakat pada layanan KA Cepat sebagai suatu transportasi kebanggan bangsa," kata Eva, antusias.

Baca juga : Kemenperin Genjot Digitalisasi Industri Mamin

Kebudayaan ini, sebutnya akan diwariskan dan dikenang oleh masyarakat sebagai bagian dari layanan KA Cepat yang merupakan kebanggaan bangsa.

Ia mencontohkan di Stasiun KA Cepat Halim. Para penumpang akan disambut oleh indahnya motif batik Betawi yang menghiasi dinding stasiun. 

Motif batik Betawi ini diproses menggunakan teknologi laser cutting pada stainless-steel berwarna coklat yang memberikan kesan modern dan artistik di ruang tunggu Lantai 2 Stasiun KA Cepat Halim.

Sementara di Stasiun KA Cepat Karawang, para penumpang akan dihadapkan pada keindahan motif padi dan batik mega mendung yang menjadi ciri khas kota lumbung padi. 

Baca juga : Koleksi Terbaru Jam Tangan TIMEX Kolaborasi Peanuts Dan UFC Kini Hadir Di Indonesia

Ornamen batik mega mendung ini dipasang dengan apik di dinding stasiun dan dipadukan dengan elemen alami seperti kayu, batu, dan bambu yang harmonis dengan sentuhan modern.

Stasiun KA Cepat Padalarang menonjolkan desain streamline louvre pada fasad bangunannya, mencerminkan semangat "bergerak cepat" yang diusung oleh KA Cepat. 

Arsitektur bangunan stasiun yang modern, futuristik, dan dinamis dipadukan dengan elemen lokal colonial art deco, menciptakan harmoni yang memukau antara Stasiun KAI Padalarang dan Stasiun KA Cepat Padalarang.

Sementara itu, Stasiun KA Cepat Tegalluar memancarkan pesona motif aliran sungai yang terinspirasi dari sekitar lokasi stasiun yang dikelilingi oleh sungai-sungai penting di Jawa Barat. 

Baca juga : The Banker Kembali Nobatkan BRI Sebagai Bank Nomor Wahid Di Indonesia

Desain interior stasiun ini juga akan mencerminkan budaya Sunda dengan menggunakan material dan motif yang sering ditemui dalam rumah-rumah tradisional Sunda, seperti kayu dan bambu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.