Dark/Light Mode

Kepala BNN Petrus Golose Dikukuhkan Jadi Profesor PTIK, Bamsoet Beri Pujian

Senin, 24 Juli 2023 13:42 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (kanan) menghadiri pengukuhan Kepala BNN Komjen Petrus Golose (kedua kiri) sebagai Profesor di PTIK, Jakarta, Senin (24/7). (Foto: Istimewa)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (kanan) menghadiri pengukuhan Kepala BNN Komjen Petrus Golose (kedua kiri) sebagai Profesor di PTIK, Jakarta, Senin (24/7). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Petrus Golose dikukuhkan sebagai Guru Besar Tetap/Profesor Bidang Ilmu Kepolisian bidang Transnational Organized Crime dari Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK)/Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), di Auditorium Mutiara STIK, Lemdiklat Polri, Jakarta, Senin (24/7). Penetapan ini sesuai Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 28862/M/07/2023 tertanggal 8 Juni 2023. Ketua MPR Bambang Soesatyo mengapresiasi pencapaian akademik Petrus ini.

Bamsoet, sapaan akrab Bambang, mengatakan, orasi ilmiah yang disampaikan Petrus sangat mencerahkan. Berjudul 'New Psychoactive Substances: Tantangan Baru dari Perspektif Transnational Organized Crime', Petrus membaginya dalam tiga poin, yaitu Kejahatan Narkotika dalam Perspektif Transnational Organized Crime; Emerging Threat: New Psychoactive Substances; dan Pengarusutamaan Konsep Depenalisasi.

Baca juga : Maruarar Sirait Bagikan Tali Asih Ke 500 Koster, Bamsoet Beri Pujian

"Kajian tersebut sangat bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan umumnya dan ilmu pengetahuan kepolisian khususnya," ujar Bamsoet,.usai mengikuti pengukuhan Guru Besar Petrus Golose. Turut hadir dalam pengukuhan ini antara lain, Wakil Ketua MPR Arsul Sani, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menteri ATR/Kepala BPN Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto, Menpora Dito Ariotedjo, Ketua KPK Firli Bahuri, Kepala BSSN Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian, serta mantan Kepala BIN Jenderal (HOR) (Purn) AM Hendropriyono.

Bamsoet menjelaskan, kejahatan transnasional kini menjadi salah satu dari tiga jenis kejahatan nonkonvensional yang meningkat pesat. Bersama dengan kejahatan terhadap kekayaan negara dan kejahatan dengan implikasi kontijensi yang mengganggu aspek-aspek keamanan, politik, sosial, ekonomi, serta meresahkan masyarakat yang terjadi secara mendadak dan sulit diprediksi.

Baca juga : Kepala BPIP Deklarasikan Jaket Bung Karno Di Blitar

"Pada periode 2014-2019 saja, kejahatan transnasional meningkat sekitar 300 persen, sementara kejahatan kekayaan negara meningkat sekitar 200 persen. Sebagai bagian dari kejahatan transnasional, penyalahgunaan narkoba, kejahatan trans ekonomi dan kejahatan siber yang peningkatannya sangat drastis," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, Petrus sangat layak dianugerahi gelar profesor. Mengingat Petrus sangat aktif dalam dunia pendidikan terutama di bidang ilmu kepolisian dengan spesialisasi transnational organized crime, baik di dalam maupun di luar negeri. Terbukti, Petrus Golose pernah mengajar di sejumlah perguruan tinggi di luar negeri, di antaranya University of Ljubljana di Slovenia dan Hongkong Police College di Hongkong.

Baca juga : Jimny Festival 2023 Pecahkan Rekor MURI, Bamsoet Beri Pujian

Di dalam negeri, Petrus mengajar di puluhan perguruan tinggi yang tersebar dari Sumatera hingga Papua. Termasuk mengajar di sejumlah universitas negeri ternama seperti Pascasarjana Universitas Indonesia, Pascasarjana Universitas Pertahanan (Unhan), Akademi Militer, STIK, Sespimmen, Sespimti, Sesko TNI, Universitas Sriwijaya, Universitas Udayana, Universitas Sam Ratulangi, dan Politeknik Kesehatan Sorong.

"Kontribusi Komjen Pol Petrus Golose dalam bidang akademik juga terlihat dari keaktifannya menuangkan pemikirannya melalui berbagai buku yang telah ia tulis dan publikasikan. Antara lain, Seputar Kejahatan Hacking, Deradikalisasi Terorisme, Invasi Terorisme, serta Inovasi dan Aktualisasi dari Bali Gebrakan Dr. Petrus Reinhard Golose," pungkas Bamsoet.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.