Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kepala BNPT: Kita Fokus Pada Program Deradikalisasi

Kamis, 6 April 2023 18:38 WIB
Foto: Humas BNPT.
Foto: Humas BNPT.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Rycko Amelza Dahniel mengimbau jajarannya untuk fokus pada kegiatan program deradikalisasi.

Menurutnya, hal tersebut merupakan amanat dan harapan Presiden Joko Widodo (Jokowi), sebagai bukti nyata hadirnya negara dalam rangka pencegahan tindak pidana terorisme.

Baca juga : Percepat Target Implementasi NEK, IDSurvey Genjot Program Dekarbonisasi

"Kegiatan kita (BNPT) semaksimal dan seoptimal mungkin, sebesar-besarnya kita berikan untuk program deradikalisasi," jelasnya, saat memimpin Rapat Pimpinan Pertama di Lingkungan BNPT di Kantor BNPT, Sentul, Bogor, Jawa Barat Kamis (6/4).

Dalam program deradikalisasi, Kepala BNPT pun mengimbau agar pemuka agama dapat dilibatkan secara aktif untuk meluruskan pemahaman agama yang salah. Diingatkannya, semua agama mengajarkan perdamaian bukan permusuhan bahkan tindakan kekerasan.

Baca juga : Kepala BPIP Bicara Makna Lailatul Qadar Dalam Narasi Kebangsaan

"Kita bentuk dai-dai yang memberikan pencerahan kepada para napiter. Para dai diharapkan bisa memberikan pemahaman agar mereka (napiter) mencintai perdamaian, bertoleransi dan tumbuh kecintaannya terhadap NKRI," ungkapnya.

Selama ini BNPT terus memfokuskan program deradikalisasi. Program deradikalisasi yang dilakukan BNPT terutama menyangkut program pemberdayaan ekonomi napiter (mitra derad) dengan pendirian Kawasan Terpadu Nusantara (KTN).

Baca juga : HUT Ke-62, Indra Karya Genjot Manfaat Program Pendidikan Berbasis Lingkungan

KTN telah didirikan di 5 wilayah lokus sinergisitas penanggulangan terorisme yaitu di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Tengah. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.