Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Srikandi Ganjar Ajak Generasi Muda Simalungun Buat Kuliner Adat Dayok Nabinatur

Minggu, 30 Juli 2023 11:40 WIB
Sukarelawan Srikandi Ganjar Sumatera Utara Sumut membuka kelas pelatihan memasak makanan adat khas Simalungun, Dayok Nabinatur. Kegiatan tersebut dilangsungkan di daerah Sarimatondang, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumut, Sabtu (29/7). (Foto: Ist)
Sukarelawan Srikandi Ganjar Sumatera Utara Sumut membuka kelas pelatihan memasak makanan adat khas Simalungun, Dayok Nabinatur. Kegiatan tersebut dilangsungkan di daerah Sarimatondang, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumut, Sabtu (29/7). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sukarelawan Srikandi Ganjar Sumatera Utara (Sumut) kembali mengadakan kegiatan yang bertujuan memberdayakan kalangan perempuan milenial di Sumut. 

Sabtu (29/7), sukarelawan itu membuka kelas pelatihan memasak makanan adat khas Simalungun, Dayok Nabinatur. Kegiatan tersebut dilangsungkan di daerah Sarimatondang, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumut. 

Pengurus Srikandi Ganjar Sumut, Bina Safrina menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan kuliner yang telah menjadi bagian dari budaya masyarakat Simalungun tersebut. 

Dia berharap agar pelatihan ini bisa menjadi modal untuk mewarisi keterampilan membuat makanan adat Dayok Nabinatur kepada generasi muda Simalungun yang belum tahu cara membuatnya.

"Supaya milenial-milenial di Simalungun ini lebih mengedepankan masakan daerah. Juga beberapa milenial itu kan sudah keluar dari daerah, tapi setelah keluar dari daerah, mereka tetap tahu cara masaknya," kata Bina. 

Baca juga : Ganjar Pranowo: Masalah Kesehatan Mental di Generasi Muda Perlu Jadi Prioritas Nasional

Perempuan milenial tersebut menuturkan, Dayok Nabinatur memiliki nilai sejarah dan filosofi tersendiri bagi masyarakat Simalungun. Sebab, dahulu kuliner ini hanya dihidangkan untuk kalangan raja dan kaum bangsawan. 

Namun, dia melanjutkan, Dayok Nabinatur kini menjadi makanan yang biasa dihidangkan pada saat acara-acara adat dan pesta masyarakat Simalungun. 

"Makanan ini sudah dibuat dari nenek moyang terdahulu. Filosofinya itu ayam yang dipotongnya lengkap, dimasak dengan lengkap ada kepalanya, paha, dada, hingga kakinya itu semua dimasak," ujar Bina. 

"Jadi, itu menggambarkan kesempurnaan, setelah mereka merasakan syukur, syukur mereka masih sempurna," tambahnya. 

Dalam kelas tersebut, relawan menggandeng salah satu tokoh adat Simalungun untuk mengajar para milenial cara memasak Dayok Nabinatur, mulai dari bahan-bahan hingga cara pengolahannya. 

Baca juga : Ganjar Milenial Wujudkan Generasi Muda Unggul Dan Berkualitas

Lebih lanjut, Bina menyebut kegiatan yang terinspirasi dari sosok Ganjar Pranowo akan terus berlanjut. Dia merencanakan akan terus menggelar kegiatan yang memberdayakan perempuan milenial. 

"Seperti kegiatan pelestarian kebudayaan, belajar teknik marketing, cara mereka berjualan, atau cara mendapatkan cuan di usia muda," katanya. 

Keseruan Makan Bersama Dayok Nabinatur

Usai kegiatan memasak selesai, Srikandi Ganjar juga mengajak para peserta untuk makan bersama Dayok Nabinatur yang telah mereka buat. 

Keseruan dan kebersamaan antar peserta dan relawan nampak terlihat saat mereka duduk bersama menyantap Dayok Nabinatur. 

Baca juga : Ganjar Muda Padjadjaran Bangun Bak Sampah Buat Warga Desa di Subang

"Saya merasa senang, saya juga merasa bahagia, happy, semoga selesai dari acara ini, saya boleh masak di rumah dengan resep yang sudah diberikan panitianya," kata salah satu peserta, Fuspa Esika Manik (24).

Fuspa berharap agar Srikandi Ganjar bisa kembali hadir menggelar kelas memasak untuk jenis makanan lainnya.

"Semoga setelah acara ini, ada juga acara-acara selanjutnya tentang memasak-masak yang lain, bukan cuma makanan khas Simalungun ini saja," pungkasnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.