Dark/Light Mode

Unisba Lahirkan Empat Guru Besar Baru

Senin, 31 Juli 2023 08:39 WIB
Pengukuhan empat guru besar oleh Rektor Unisba Prof. Edi Setiadi  di Aula Unisba, Bandung, Sabtu (29/7). (Foto: Istimewa)
Pengukuhan empat guru besar oleh Rektor Unisba Prof. Edi Setiadi di Aula Unisba, Bandung, Sabtu (29/7). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Islam Bandung (Unisba) melakukan pengukuhan terhadap empat orang guru besar pada Sabtu (29/7).

Keempat orang guru besar tersebut adalah Prof. Hilwati Hindersah (Guru Besar dalam bidang Perencanaan Wilayah dan Kota pada Fakultas Teknik Unisba), Prof. Ike Junita Triwardhani (Guru Besar dalam Bidang Ilmu Komunikasi Pada Fakultas Ilmu Komunikasi Unisba).

Lalu Prof. Wildan Bin H. M. Yahya (Guru Besar dalam Bidang Ilmu Tasawuf Pada Fakultas Dakwah Unisba), dan Prof. Sri Fadilah (Guru Besar dalam Bidang Ilmu Akuntansi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisba).

Pengukuhan guru besar ini dilakukan langsung oleh Rektor Unisba Prof. Edi Setiadi yang dilaksanakan di Aula Unisba, Bandung, Jawa Barat.

Baca juga : Prof. Hendri Dwi Saptioratri Dikukuhkan Jadi Guru Besar FTUI

Ketua Badan Pengurus Yayasan Unisba Prof. Miftah Faridl mengatakan, dengan dikukuhkannya empat guru besar ini dapat berdampak baik bagi Unisba.

Terutama menjadi semakin sanggup dalam menjaga eksistensi sebagai lembaga ilmu dan semakin tegar dalam berkompetisi meraih prestasi.

"Semoga amanah akademik ini dapat menjadi energi baru untuk memperkuat positioning Unisba di tengah persaingan yang semakin tidak sederhana sekarang ini," kata Miftah dalam keterangan resminya, Senin (31/7).

Prof. Miftah juga berharap keempat guru besar ini dapat menjadi kekuatan baru sebagai modal investasi sumber daya untuk membawa Unisba menjadi berlari lebih cepat menggapai cita-cita menjadi universitas yang unggul mendunia.

Baca juga : United Tractors Pekanbaru Gunakan Energi Bersih Dari REC PLN

"Insya Allah akan menambah percaya diri khususnya dalam mengelola penyebaran ilmu, mencerdaskan kehidupan generasi yang lebih baik. Unisba akan lebih percaya diri dalam mengelola putra putri bangsa calon generasi komunitas pecinta ilmu," ujarnya.

Kehadiran empat guru besar baru ini kata Prof. Miftah juga akan membawa perubahan positif bagi seluruh civitas akademika Unisba dan juga masyarakat pada umumnya.

Menurut Miftah, kehadiran guru besar pada sebuah Perguruan Tinggi bukan hanya keniscayaan administratif sebuah universitas saja, tapi menjadi kekuatan penggerak akademik proses pembelajaran yang menjadi fungsi utamanya.

"Karena itu, ia menjadi titik pusat gravitasi pergerakan akademik yg akan dilaluinya sepanjang waktu. Ia juga merupakan kekuatan penggerak dan keleluasaan akademik para penggiatnya mulai dari mahasiwa hingga para dosen dan tenaga pendidik lainnya," ungkapnya.

Baca juga : Jelang Akhir Pekan, Rupiah Kurang Cerah

Sementara itu, Rektor Unisba Prof. Edi Setiadi mengatakan, keempat guru besar yang dikukuhkan ini telah berhasil memperoleh jabatan tertinggi di dunia akademik yang mempunyai kewenangan akademik tertinggi dan tanggung jawab lebih besar.

Prof. Edi berpesan untuk melakukan refleksi setiap saat guna menghasilkan inovasi, sehingga menghasilkan proyek personal yang bermanfaat.

"Maha guru tentu saja diharapkan dapat menjadi pencetus, pendorong dan teladan bagi seluruh civitas akademika," ujarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.