Dark/Light Mode

Tak Anggap Teror, Alexander Marwata Sebut Karangan Bunga Tetangga Bentuk Dukungan

Senin, 31 Juli 2023 19:32 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pimpinan dan pejabat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendapat karangan bunga dari orang tak dikenal yang menyebut dirinya "tetangga".

Dalam karangan bunga yang dikirim, tertulis kalimat 'Selamat Atas Keberhasilan Anda Memasuki Pekarangan Tetangga'.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, yang mendapatkan karangan bunga itu, tak menganggapnya sebagai teror. Melainkan, dukungan.

"Terkait karangan bunga saya berterima kasih mendapatkan dukungan. Itu dukungan, kan? Saya anggap itu bukan teror," ujar Alex, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin (31/1).

Menurut Alex, ucapan "selamat", menunjukkan dukungan terhadap upaya-upaya pimpinan KPK dalam menegakkan hukum.

Baca juga : Zaenal Abidin: Ganjar Membawa Harapan Besar Untuk Dunia Pesantren

"Saya mewakili pimpinan karena saya tidak bicara sendiri jadi kolegial. Saya sampaikan terima kasih atas dukungannya dan mudah-mudahan ke depan KPK bisa bekerja dengan baik," ulangnya lagi.

Karena itu, Alex tidak mau menuduh pihak-pihak tertentu sebagai pengirim karangan bunga itu.

"Bisa saja masyarakat yang memang mendukung KPK. Saya tidak menuduh siapa-siapa. Itu pendapat pribadi saya," tuturnya.

Alex juga menegaskan, dirinya sama sekali tidak terpengaruh dengan kiriman karangan bunga tersebut.

"Sekali lagi saya masih berpikir positif apa yang dikerjakan KPK itu adalah sesuatu yang baik buat negara ini dan masyarakat. Saya pikir terima kasih banget lah," tandas Alex.

Baca juga : Wong Kito Ganjar Geliatkan Ketahanan Pangan Warga Lewat Alpukat Mentega 

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengungkapkan, pihaknya tengah mendapatkan ancaman bertubi-tubi dalam berbagai bentuk.

Salah satunya, kiriman karangan bunga. Dia mengungkapkan, ancaman mulai terjadi sejak Jumat (28/7) malam.

"Ketika kami dalam beberapa hari ini sedang banyak mendapat tantangan dan ancaman atau teror nyawa dan kekerasan, yang disampaikan ke WA maupun karangan bunga yang dikirim ke rumah rumah struktural dan pimpinan KPK karena memberantas korupsi," ungkap Ghufron kepada wartawan, Senin (31/7).

Teror berupa karangan bunga yang berisi nada ejekan tersebut pesannya serupa, yakni "Selamat Atas Keberhasilan Anda Memasuki Pekarangan Tetangga."

Tidak diketahui jelas siapa yang bertanggung jawab atas karangan bunga itu, di bawahnya hanya tertulis "Tetangga" selaku pihak pengirim.

Baca juga : Airlangga: Bea Masuk Tinggi Harus Dikurangi

"Hentikan menebar isu pembunuhan karakter yang tak penting ini," imbau Ghufron.

Ghufron meminta semua pihak fokus dalam upaya pemberantasan korupsi. Dia juga meminta masyarakat tidak terkecoh dengan upaya menyerang langkah pemberantasan korupsi. 

Terakhir, Ghufron meminta masyarakat untuk terus memberikan dukungan ke KPK.

"Mari kembali membersamai KPK, dukung dan support KPK memberantas korupsi dan tidak memberi celah serta mengikuti setting serangan balik koruptor kepada KPK," ajak Ghufron.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.