Dark/Light Mode

Menhan Minta KKIP Rekomendasikan Belanja Pertahanan Yang Untungkan Ekonomi

Kamis, 3 Agustus 2023 15:25 WIB
Menteri Pertahanan Menhan Prabowo Subianto selaku Ketua Harian Komite Kebijakan Industri Pertahanan KKIP memimpin Rapat Pleno KKIP Tahun 2023 di ruang Bhineka Tunggal Ika Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis (3/8). (Foto: Danu Arifianto/Rakyat Merdeka)
Menteri Pertahanan Menhan Prabowo Subianto selaku Ketua Harian Komite Kebijakan Industri Pertahanan KKIP memimpin Rapat Pleno KKIP Tahun 2023 di ruang Bhineka Tunggal Ika Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis (3/8). (Foto: Danu Arifianto/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto selaku Ketua Harian Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) memimpin Rapat Pleno KKIP Tahun 2023 di ruang Bhineka Tunggal Ika Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis (3/8).

Turut hadir Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Wakasad Letjen TNI Agus Subiyanto, dan Wakapolri Komjen Agus Andrianto.

Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) M. Herindra selaku Sekretaris KKIP, serta Katimlak KKIP Letjend TNI (Purn) Dr. Yoedhi Swastanto juga tampak hadir di acara itu.

Baca juga : Berkomunikasi Dengan Bahasa Santun

"Saya berterima kasih atas kehadiran pada Rapat Pleno Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) kali ini,” kata Menhan Prabowo pada awal sambutannya.

Menhan Prabowo berharap, KKIP senantiasa mendukung peningkatan kemandirian industri pertahanan.

Hal itu sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar belanja pertahanan harus menjadi suatu investasi yang dapat membantu peningkatan ekonomi nasional.

Baca juga : Ganjar Minta Pramuka Sampaikan Pesan Damai Kepada Dunia

“Dalam UUD 1945 pada pembukaan, menempatkan pertahanan sebagai tujuan bernegara yang pertama yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia. Ini tujuan nasional,” ujarnya.

Menhan Prabowo juga menekankan perlunya rekomendasi dan evaluasi dari KKIP dalam semua pembelian alutsista.

“Ini agar menjamin Indonesia diuntungkan dari segala aspek dalam setiap kesepakatan pembelian alutsista,” paparnya.

Baca juga : Alutsista Produksi Pindad Kunci Pertahanan Keamanan Indonesia

Pada kesempatan itu, Menhan Prabowo, sempat berdialog dengan para peserta rapat.

Mulai dari kalangan pejabat pemerintah yang terkait dengan pembinaan industri pertahanan, pelaku Industri Pertahanan, hingga Pengguna Alpalhankam untuk mengetahui kesiapan dan kendala-kendala yang ada dalam mengimplementasikan arahan-arahan dari Presiden Jokowi.

Rapat Pleno 2023 ini sendiri bertujuan sebagai persiapan untuk Laporan kepada Presiden RI selaku Ketua KKIP pada Sidang KKIP yang akan diselenggarakan pada akhir Tahun 2023.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.