Dark/Light Mode

Menggagas Fikih Siyasah Indonesia (61)

Berkomunikasi Dengan Bahasa Santun

Senin, 31 Juli 2023 06:20 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Al-Qur’an selalu mengingatkan kita untuk berbahasa yang santun, bijaksana, dan penuh kearifan. Bahasa yang baik akan melahirkan masyarakat yang baik. Sebaliknya, bahasa yang buruk akan melahirkan masyarakat yang buruk. Itulah sebabnya tidak kurang dari delapan tempat di dalam Al-Qur’an mengingatkan kita agar menggunakan bahasa yang santun, jelas, proporsional dan terukur.

Terhadap kedua orang tua atau yang kita anggap sebagai senior kita, Al-Qur’an mengingatkan kita untuk menggunakan bahasa yang mulia (qaulan kariman): “... ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia” (Q.S. Al-Isra’/17:23).

Baca juga : Mengedepankan Dialog Dan Musyawarah

Terhadap anak-anak dan para junior, kita menggunakan bahasa yang baik dan populer (qaulan ma’rufan): “... ucapkanlah kepada mereka kata-kata yang baik” (Q.S. al-Nisa’/4:5.

Untuk pengungkapan data dan fakta, kita diminta menggunakan bahasa yang tepat dan valid (qaulan sadidan): “...hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar” (Q.S. Al-Nisa’/4:9). Terhadap kelompok oposisi atau kaum munafiq, kita diminta menggunakan bahasa yang komunikatif (qaulan baligan): “...katakanlah kepada mereka perkataan yang berbekas pada jiwa mereka” (Q.S. al-Nisa’/463).

Baca juga : Meredam Ego Spiritual

Terhadap orang yang kasar dan jahat, tetap kita diminta menggunakan bahasa lemah-lembut (qaulan layyinan): “ ... maka berbicaralah kamu berdua kepadanya dengan kata-kata yang lemah lembut”. (Q.S. Thaha/20:44). 

Terhadap kelompok yang dianggap musuhpun, kita tetap diminta untuk menggunakan bahasa yang pantas (qaulan maisuran): “...katakanlah kepada mereka ucapan yang pantas”. (Q.S. al-Isra’/17:28). Tuhan meminta kita untuk menghindari bahasa yang keras (qaulan ‘adhiman): “ ... Sesungguhnya kamu benar-benar mengucapkan kata-kata yang besar (dosanya).” (Q.S. al-Isra’/17:40).

Baca juga : Memberi Kemerdekaan Dalam Berkeyakinan

Hanya Tuhan yang berhak menggunakan bahasa yang berat (qaulan tsaqilan): “...Sesungguhnya Kami akan menurunkan kepadamu perkataan yang berat”. (Q.S. al-Muzzammil/73:5).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.