Dark/Light Mode

3 Calon Pj Gubernur Jabar Diajukan Ke Kemendagri, Salah Satunya Orang Istana

Jumat, 4 Agustus 2023 10:53 WIB
Ilustrasi. Gedung Sate, tempat Gubernur Jawa Barat berkantor. (Foto: jabarprov.go.id)
Ilustrasi. Gedung Sate, tempat Gubernur Jawa Barat berkantor. (Foto: jabarprov.go.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat (Jabar) resmi mengajukan tiga calon Penjabat (Pj) gubernur menggantikan Ridwan Kamil yang masa jabatannya akan berakhir pada 5 September 2023 mendatang.

Di antara tiga calon tersebut, ada nama Bey Machmudin yang saat ini menjabat sebagai Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden.

Selain Bey, dua calon lain yang diusulkan adalah Asep Mulyana dari Direktorat Jenderal Perundangan Kementerian Hukum dan HAM, serta Keri Lestari, Guru Besar Universitas Padjadjaran Bandung. 

Baca juga : Keberatan Kabasarnas Ditersangkakan KPK, Danpuspom: Militer Punya Aturan Sendiri!

Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Achmad Ru'yat mengatakan pengusulan tiga nama calon ini didasarkan pada hasil rapat dengan beberapa fraksi dengan berbagai pertimbangan.

"Maka terpilihlah tiga nama, yakni Asep Mulyana, Keri Lestari, dan Bey Triadi(Machmudin)," katanya di Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (2/8) lalu.

Setelah mengadakan rapat penentuan nama calon Pj Gubernur, langkah selanjutnya adalah menunggu usulan tiga calon Pj gubernur lainnya dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 

Baca juga : Pengamat: Pro Kreativitas Dan Seni, Alasan Banyak Artis Gabung PAN

Baru kemudian Presiden Jokowi akan menentukan calon Pj gubernur yang akan menjabat hingga tahun 2024 berdasarkan daftar nama yang diajukan.

Wakil Ketua DPRD Jawa Barat, Achmad Ru'yatdi, mengungkapkan bahwa pihaknya akan segera mengirimkan surat kepada Kemendagri untuk langkah selanjutnya. 

Dia berharap calon Pj gubernur yang dipilih akan dapat menjalankan tugas dengan optimal hingga Pilkada Jawa Barat berlangsung.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.