Dark/Light Mode

Ratusan Ribu Orang Ikuti Jalan Sehat IKA Unhas Bareng Prabowo

Minggu, 6 Agustus 2023 13:39 WIB
Menteri Pertahanan Menhan Prabowo Subianto bersama Ketua Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin Andi Amran Sulaiman usai membuka Jalan Santai Anti Mager di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (6/8). Foto: Istimewa
Menteri Pertahanan Menhan Prabowo Subianto bersama Ketua Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin Andi Amran Sulaiman usai membuka Jalan Santai Anti Mager di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (6/8). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (IKA Unhas) Andi Amran Sulaiman tidak menyangka Gerak Jalan Sehat 'Anti Mager' dalam rangka menyambut Dirgahayu RI ke-78 dan Hari Ulang Tahun ke-358 Sulawesi Selatan (Sulsel) diikuti 500 ribu orang lebih.

Jalan Jenderal Sudirman, Makassar, berubah menjadi lautan manusia saat sekitar setengah juta orang datang berbondong-bondong mengikuti Gerak Jalan Sehat sejak pukul 05.00 WITA.

Ada pun kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel dan IKA Unhas. "Ini pesertanya 500 ribu lebih, termasuk yang tidak memperoleh tiket," kata Amran disela-sela acara Gerak Jalan Sehat Anti Mager, di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Minggu (6/8).

Kegiatan jalan sehat ini berjarak 5 kilometer dengan mengambil rute dari start depan Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Provinsi Sulsel, Jalan Jend. Sudirman, Jalan Haji Bau, Jalan Sombs Opu, Jalan Penghibur, Jalan Ujung Pandang, Jalan Riburane, dan berakhir kembali di Rujab Gubernur Sulsel.

Jalan sehat ini dilepas oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto sekitar Pukul 06.00 WITA. Namun menariknya, hingga acara pukul 08.00 WITA, lautan manusia yang memulai start dari rujab gubernur ini terus disesaki manusia yang didominasi baju kaos putih.

Baca juga : KMPG Harap Pertemuan Airlangga-Puan Bahas Koalisi Ganjar Pranowo

"Ini saja 450 ribu yang dapat tiket. Tiket langsung kita stop karena ini sudah terlalu banyak. Bisa bahaya," jelas Amran.

Amran sendiri ikut menyumbang hadiah kepada para peserta berupa 5 unit hadiah umroh di luar hadiah yang diserahkan panitia berupa lima unit umroh, satu mobil, dan satu unit lima motor listrik, dan berbagai hadiah elektronik lainnya.

Sementara itu, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo menyampaikan rasa bangga kepada masyarakat Sulsel yang sangat antusias mengikuti kegiatan gerak jalan sehat ini. "Selamat pagi. Rakyat Sulawesi Selatan luar biasa. Luar biasa," sapa Prabowo dari atas panggung start jalan santai Anti Malas Gerak atau Mager ini.

Ketua Umum Partai Gerindra ini pun menyampaikan terima kasih dan rasa bangganya telah diundang sekaligus membuka jalan sehat ini. Prabowo mengaku sangat bangga bisa hadir di tengah-tengah antusiasme masyarakat Sulsel untuk berpartisipasi dalam jalan sehat ini.

"Saya bangga berada di sini, bangga berada di tengah-tengah rakyat Sulsel. Saya sangat bangga dengan semangat saudara-saudara-saudara kalian, kesetiaan saudara-saudara sekalian NKRI. Selamat hari jadi Sulsel ke-354, dan selamat jalan," ujar Prabowo yang kemudian melepas tanda dimulainya jalan sehat.

Baca juga : Gibran Dianggap Lebih Nyaman Dengan Prabowo

Prabowo sendiri tampak begitu antusias melihat lautan manusia yang tak putus-putusnya dari atas panggung kegiatan yang juga dimeriahkan oleh dua pesawat jet tempur sukhoi milik TNI Angkatan Udara (AU). Saking semangatnya, Prabowo terus lantang meneriakkan kalimat _ewako. "Ewako, ewako, ewako. Merdeka," lantang Prabowo yang seakan tidak peduli dua pesawat jet terbang rendah sehingga membuat suara bergemuruh di angkasa.

Saking antusiasnya melihat warga Sulsel mengikuti gerak jalan sehat ini, Prabowo ikut nyumbang hadiah kepada panitia penyelenggara berupa 5 hadiah umroh, dan 35 sepeda listrik.

"Kenapa 35, karena 3 tambah 5, sama delapan. Nah, delapan itu angka keberuntungan saya," tambah Prabowo.

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menegaskan bahwa kegiatan gerak jalan anti mager ini netral dan bebas dari politik. Semua peserta yang mengikuti kegiatan ini pun diwajibkan menggunakan baju kaos putih dari rumah.

"Semua di sini tidak ada yang berwarna-warna, kecuali yang tidak memiliki baju putih. Kalau tidak memiliki baju putih, boleh pakai ini," bilang Gubernur seraya melempar belasan gulungan baju putih dari atas panggung.

Baca juga : Ketemuan Lagi! Puan Makan Siang Di Kediaman Muhaimin, Ini Yang Diobrolin

Dalam kesempatan tersebut, Andi Sudirman juga mengucapkan terima kasih kepada para pihak yang mendukung kegiatan ini diantaranya 2200 kepala desa se-Sulsel, Tim Drumband Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dan TNI Angkatan Udara (AU) yang ikut serta menyukseskan kegiatan ini dengan mengirimkan tim penerjun Paramotor dan pesawat Sukhoi yang terbang dari atas lokasi kegiatan.

"Terima kasih kepada TNI AU atas supportingnya," ujarnya.

Tak lupa, dia juga menyampaikan ucapan terima kasih dan bangga kepada Menhan Prabowo yang bersedia hadir sekaligus membuka jalan sehat ini.

"Alhamdulillah, Pak Prabowo hadir sebagai Menhan. Beliau masih muda. Cakepnya mirip-mirip saya," canda Andi Sudirman.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.