Dark/Light Mode

Jabatan Tinggal 1 Tahun

Budi Arie Diminta Cepat Beresin Program Kominfo

Selasa, 18 Juli 2023 07:45 WIB
Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid. (Foto: Antara)
Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid menyambut baik pengangkatan Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) menggantikan Johny G Plate.

Johny saat ini menjadi terdakwa kasus dugaan korupsi penyediaan menara Base Transceiver Station (BTS) 4G.

Meutya optimistis, Men­ko­­­minfo baru ini akan ­mampu mengemban tugas yang di­a­­ma­nahkan oleh Presiden Jokowi.

Baca juga : The Guardian Evaluasi Pemain Lewat Video Rekaman Pertandingan

“Dipilihnya Mas Muni (Budi Arie Setiadi) sebagai Menko­minfo sah-sah saja. Saya rasa, Mas Muni mampu mengemban tugas sebagai Menkominfo. Apalagi dia punya background dari Ilmu Komunikasi dan dikenal gercep (gerak cepat) dan doer atau yang suka langsung bertindak,” tegasnya.

Anggota Fraksi Golkar ini bilang, masa jabatan Menko­minfo tersisa satu tahun. Tentu­nya dibutuhkan gerak cepat dan inovasi dalam menuntaskan program-program prioritas di kementerian. Utamanya, menuntaskan program pemerataan infrastruktur digital nasional, termasuk literasi digital. 

“Latar belakang non-partai juga diharapkan akan membuat kepentingan negara untuk urusan informasi terjaga independensinya dan harus,” wanti Ketua DPP Partai Golkar ini.

Baca juga : Target Tinggal Satu Setengah Tahun, Pemerintah Genjot Penurunan Angka Stunting

Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia (APJII) meng­ungkapkan, pada tahun 2022 baru 77,02 persen penduduk Indonesia yang mampu meng­akses internet atau sebagai­ pengguna internet. Masih ­banyak wilayah di Indonesia yang belum sepenuhnya terjangkau internet.

Untuk itu, dia berharap, Budi betul-betul fokus di sisa umur jabatannya untuk menjalankan arahan dari Presiden Jokowi.

Budi harus menjalankan lima arahan Presiden Jokowi terkait akselerasi transformasi di­gital di Indonesia. Antara lain, percepatan penyediaan infrastruktur telekomunikasi dan ­penyiapan kebutuhan sumber daya manusia sebagai talenta digital.

Baca juga : Mahfud Cerita, Sempat Dicap Menteri Pembohong

Selain itu, Meutya juga mengingatkan pentingnya literasi digital bagi masyarakat. Tugas Menkominfo selanjutnya, yaitu mempercepat tingkat literasi digital masyarakat. Khususnya, mengimbangi perkembangan teknologi digital yang makin cepat dan strategis bagi kehidupan masyarakat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.