Dark/Light Mode

Diungkap Kepala BMKG

Hampir Seluruh Wilayah Terancam Kekeringan

Senin, 7 Agustus 2023 08:00 WIB
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati. (Foto: Antara)
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Sampai kapan El Nino ini jadi ancaman? Berdasarkan prediksi BMKG, lanjut dia, gelombang El Nino akan terus berlangsung hingga akhir tahun. Namun, ada juga kemungkinan Indonesia sudah mulai diguyur hujan pada bulan November. “Diharapkan dampak El Nino akan kalah,” harapnya.

Seperti diketahui, cuaca ekstrem akibat El Nino membuat dua distrik di Papua Tengah, yakni Distrik Agandugume dan Lambewi terjadi bencana kekeringan yang menimbulkan masyarakatnya kelaparan. Ribuan orang mengungsi akibat musibah ini. Bahkan, ada 6 orang warga setempat meninggal dunia karena sakit yang disebabkan dehidrasi dan kekurangan pasokan makanan akibat cuaca yang ektrem yang terjadi beberapa bulan terakhir.

Baca juga : Bahlil Hampir Terbunuh Demi Bela Golkar Papua

Di tanah Papua, bukan kali ini saja warganya terkena bencana kelaparan. Pada 1982, ratusan warga Jayawijaya, Kabupaten Puncak Jaya, juga mengalami hal yang sama. Lalu, pada 1984 dan 1986, kelaparan kembali berulang dengan jumlah kematian yang juga tak sedikit.

Selain kejadian di 2023, bencana terkini terjadi pada 2022, saat empat orang di Lanny Jaya meninggal akibat kelaparan. Di Kabupaten Puncak sendiri, bencana kelaparan hampir setiap tahunnya terjadi.

Baca juga : Bamsoet Ajak Seluruh Elemen Bangsa Perkuat Wawasan Kebangsaan

Pemerintah di bawah komando Wakil Presiden Ma’ruf Amin sudah bergerak menanggulang bencana kelaparan yang terjadi. Kementerian Sosial dan BNPB sudah mengirimkan bantuan kepada warga yang tinggal di sana. Namun, pengiriman makanan tak bisa dilakukan secara maksimal.

“Cuacanya itu kadang kala berubah secara mendadak, sementara pesawat yang bisa masuk ke sana pesawat kecil, karena landasannya hanya 600 meter,” kata Menko Polhukam Mahfud MD.

Baca juga : BTN Bakal Jadi Lebih Modern Dan Kekinian

Hal ini dibenarkah oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini. Menurutnya, bantuan yang dikirimkan Pemerintah tidak bisa langsung ke 2 Distrik yang alami bencana kelaparan paling parah. Bantuan tersebut hanya bisa diletakkan di Lapangan Terbang Sinak. Selanjutnya, bantuan itu baru dikirim ke warga dengan berjalan kaki selama 2 hari 1 malam.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 7/8/2023 dengan judul Diungkap Kepala BMKG, Hampir Seluruh Wilayah Terancam Kekeringan

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.