Dark/Light Mode

KH. Anwar Iskandar Resmi Jabat Ketum MUI Gantikan KH. Miftachul Akhyar

Selasa, 15 Agustus 2023 13:42 WIB
Rapat Pleno Majelis Ulama Indonesia MUI telah digelar di kantor MUI, Jalan Proklamasi, Jakarta, Selasa (15/8). (Foto: Istimewa)
Rapat Pleno Majelis Ulama Indonesia MUI telah digelar di kantor MUI, Jalan Proklamasi, Jakarta, Selasa (15/8). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rapat Pleno Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah digelar di kantor MUI, Jalan Proklamasi, Jakarta, Selasa (15/8). Hasil dari rapat pleno tersebut memutuskan KH. Anwar Iskandar menjadi Ketua Umum MUI yang baru.

"Alhamdulillah pleno telah sepakat menetapkan Kiai Anwar Iskandar sebagai Ketum MUI masa khidmat 2023-2025," kata Wakil Sekretaris Jenderal MUI, KH. Ahmad Fahrur Rozi, Selasa (15/8).

MUI menggelar Rapat Pleno yang agenda utamanya adalah pembahasan Ketua Umum MUI pengganti KH. Miftachul Akhyar.

Baca juga : Ini Alasan DKPP Resmi Copot Ketua dan Anggota KIP Nagan Raya

Di dalam rapat pleno, ulama NU asal Banyuwangi KH. Anwar Iskandar diusulkan menjadi pengganti KH. Miftachul Akhyar.

"Penggantian ini terjadi karena KH. Miftachul Akhyar sudah mengajukan surat pengunduran diri beberapa saat setelah dirinya terpilih kembali sebagai Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU)," ujarnya.

Rapat Pleno MUI di Hotel Bidakara Jakarta itu dihadiri jajaran Dewan Pimpinan MUI serta ketua dan sekretaris komisi, badan, dan lembaga di lingkungan MUI.

Baca juga : Duh, Harga Pangan Kok Masih Tinggi Aja

"Pembahasan mengenai sosok pengganti KH. Miftach ini juga berlangsung alot sampai hari ini diputuskan KH. Anwar Iskandar sebagai calon pengganti," tutup dia.

Sekadar informasi, Kiai Anwar Iskandar lahir di Desa Berasan, Kecamatan Muncar, Banyuwangi, 24 April 1950.

Putra dari KH. Iskandar (Askandar) yang merupakan pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Ulum, Berasan, Muncar, Banyuwangi ini sempat nyantri di Ponpes Lirboyo Kediri pada 1967.

Baca juga : Kapolri Putuskan Brigjen Endar Tetap Jabat Direktur Penyelidikan KPK

Kiai Anwar juga sempat nyantri di Ploso Kediri, Sarang Rembang, Minggen Demak, dan Pesantren Ilmu Falak di Jember.

Lulusan jurusan Sastra Arab, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini pernah aktif di Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Ketua Dewan Syuro (PKB) Jawa Timur, anggota MPR utusan daerah Jawa Timur, hingga terbaru menjadi Wakil Rais Aam PBNU periode 2021-2026.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.