Dark/Light Mode

Diapit Erick Dan Ganjar, Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar Bilang Begini

Senin, 16 Januari 2023 21:37 WIB
Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar (tengah), diapit Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam pembukaan Porseni NU di Solo, Senin (16/1). (Foto: Istimewa)
Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar (tengah), diapit Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam pembukaan Porseni NU di Solo, Senin (16/1). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir kompak menghadiri pembukaan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) NU tingkat nasional di Gelanggang Olahraga (GOR) Sritex Arena, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Senin (16/1).

Kehadiran keduany, tak luput dari perhatian Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Miftachul Akhyar.

Dalam sambutannya, KH Miftachul Achyar menyebut nama Ganjar dan Erick, yang duduk di kursi paling depan bersama dirinya.

Dia memuji panitia yang mampu menghadirkan dua tokoh besar tersebut, untuk pembukaan Porseni NU, yang menjadi salah satu rangkaian peringatan satu abad organisasi pimpinan KH Yahya Cholil Staquf.

"Ada Gubernur Jawa Tengah, Bapak Ganjar. Lalu, ada saudara saya, Ketua Pengarah SC satu abad NU sekaligus Menteri BUMN Erick Thohir. Ini saking hebatnya panitia penyelenggara," ujarnya.

Baca juga : Mak Ganjar Hadiri Ceramah Kebangsaan Gus Miftah Di Palangakaraya

Bagi KH Miftachul, kepiawaian panitia mendatangkan Ganjar dan Erick adalah hal luar biasa. Pasalnya, Ganjar dan Erick memiliki seabrek kesibukan dalam mengemban amanah sebagai Gubernur Jawa Tengah dan Menteri BUMN.

"Panitia top markotop. Saya diberi kursi yang menengahi dua manusia ini. Mungkin untuk menyeimbangkan keduanya, jangan sampai cakar-cakaran," ucapnya.

Sambil guyon, KH Miftachul mengaku belum layak menjadi penengah atau penyeimbang keduanya. Lantaran usia Erick dan Ganjar tidak beda jauh dengan dirinya.

"Karena beda-beda tipis usianya dengan saya, paling selisihnya 1, 2, 3, 4, 5, 10, 15, 20 tahun, itu bedanya," ucapnya, disambut gelak tawa ribuan santri dari seluruh Indonesia.

Ganjar dan Erick pun saling melempar pujian satu sama lain, saat menyampaikan sambutan.

Baca juga : Santri Dukung Ganjar Sumatera Utara Bantu Korban Banjir Di Kabupaten Serdang Bedagai

Ganjar menyebut Erick sebagai orang yang sukses melaksanakan sebuah perhelatan olahraga tingkat dunia, Asian Games.

Dia bilang, kesuksesan Erick menggelar Asian Games itu telah menerbangkan nama Indonesia ke posisi terhormat di dunia internasional.

"Indonesia terangkat karena Asian Games yang sukses luar biasa," ujar Ganjar.

Tak mau kalah, Erick mengaku memiliki banyak kesamaan dengan Ganjar. Pernyataan ini langsung disambut riuh ribuan santri yang hadir.

"Saya dengan Pak Ganjar, insya Allah selalu seiring, tetapi tunggu dulu. Ojo kesusu. Katanya, seiring bukan berarti sama," ucap Erick.

Baca juga : Perkuat Pariwisata, Ganjar Tanam 1000 Pohon Di Lahan Gersang Blora

Mantan Presiden Inter Milan ini menuturkan, dia dan Ganjar juga memiliki perbedaan dalam hal menjagokan klub sepak bola di Liga Inggris.

Berbeda dengan Ganjar yang dikenal sebagai penggemar Manchester United (MU), Erick adalah fans berat klub asal London, Arsenal.

Erick pun membanggakan Arsenal, yang kini berada di peringkat pertama klasemen Liga Inggris. Mengungguli Manchester City dan Manchester United.

"Pak Ganjar pendukung MU. Kalau saya Arsenal. Ada bedanya. Lumayan lah Arsenal ranking satu. Kalau KH Nusron Wahid pendukung Manchester City, lain lagi kalau Mbak Yenni pendukung Newcastle United. Alhamdulillah, walaupun kita berbeda, tapi hatinya sama. Buat NU semua," papar Erick. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.