Dark/Light Mode

Prodi MM Perbanas Raih Akreditasi Unggul Dari Lamemba

Selasa, 15 Agustus 2023 19:22 WIB
Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (Lamemba) memberi akreditasi peringkat unggul untuk Program Studi Magister Manajemen Prodi MM Perbanas Institute.
Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (Lamemba) memberi akreditasi peringkat unggul untuk Program Studi Magister Manajemen Prodi MM Perbanas Institute.

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (Lamemba) memberi akreditasi peringkat unggul untuk Program Studi Magister Manajemen (Prodi MM) Perbanas Institute. 

Akreditasi itu mengacu surat keputusan dengan nomor 571/DE/A.5/AR.10/VIII/2023 tanggal 2 Agustus 2023, dan berlaku sampai lima tahun terhitung mulai 2 Agustus 2023 hingga 2 Agustus 2028. 

Akreditasi dengan peringkat unggul yang diterima Program Studi Magister Manajemen (MM) Perbanas Institute berlaku sampai lima tahun terhitung dari 2022 hingga 2028. Tercatat Akreditasi dengan peringkat unggul yang diterima Prodi MM Perbanas Institute mulai dari 2 Agustus 2023 sampai 2 Agustus 2028.

Menurut Dekan Sekolah Pascasarjana Perbanas Institute, Steph Subanidja, peringkat unggul ini menunjukkan kualitas Prodi MM Perbanas yang tidak perlu diragukan lagi. Untuk mendapatkan peringkat unggul setidaknya lebih dari 18 dari 27 dimensi harus berdaya saing internasional yang terdistribusi dalam 9 kriteria.

Baca juga : Telkom Perkenalkan Gim Digital Unggulan Di ChinaJoy 2023

"Dengan kualitas ini, diharapkan semakin banyak para eksekutif muda, termasuk ASN untuk melanjutkan studi di MM Perbanas. Apalagi tahun depan direncanakan Perbanas akan membuka Program Studi Doktoral Manajemen Stratejiek Berkelanjutan di bidang bisnis, keuangan, dan perbankan," ujarnya saat acara syukuran akreditasi peringkat unggul Program Studi Magister Manajemen yang digelar di Kampus Perbanas Institute, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (14/8).

Pencapaian predikat unggul ini layak dibanggakan. Seperti dijelaskan oleh Dyah Nirmalawati, Wakil Dekan Sekolah Pascasarjana Perbanas Institute. Hingga saat ini, terdapat 86 program studi S2 yang sudah terakreditasi Lamemba, 39 dantaranya adalah prodi MM, dan hanya 12 prodi MM yang mendapatkan predikat unggul.

"Tentu saja prosesnya tidaklah mudah, mengingat selain harus melampaui Standard Nasional Pendidikan Tinggi  dan melampaui Rencana Strategis juga harus berdaya saing internasional," jelas dia.

Daya saing internasional ini, di antaranya ditunjukkan keberadaan mahasiswa asing, luaran berupa publikasi penelitian dosen dan mahasiswa di jurnal internasional bereputasi, sarana prasarana yang berstandar internasional, dan kurikulum yang berstandar Internasional.

Baca juga : Eks Jubir FPI Munarman Ucap Ikrar Setia NKRI Di Lapas Salemba

Capaian positif ini mendapatkan apresiasi dari sejumlah mahasiswa, alumni hingga civitas akademik dari kampus yang berada di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan tersebut.

Salah satu yang memberikan apresiasi ialah alumni sekaligus pengajar program Magister Manejemen Perbanas Institute, Rahajeng Widya.

Widya yang merupakan Tim Ahli Anggota Wantimpres ini mengatakan, Prodi MM Perbanas Institute sedianya sudah layak mendapatkan akreditasi dengan peringkat unggul.

Menurutnya, apa yang diajarkan di Prodi MM Perbanas Institute sangat berguna bagi peningkatan kariernya.

Baca juga : Bawaslu Ajak Mahasiswa Kolaborasi Awasi Pemilu

“Dari segi kualitas tidak diragukan. Karena MM keputusan-keputusan yang diambil benar-benar meng-influence karier saya,” paparnya.

Ia pun mengakui Prodi MM Perbanas Institute layak mendapatkan akreditasi dengan peringkat unggul lantaran dari sisi fasilitas, lokasi hingga dosen yang mengajar sangat mempuni.

Senada Rully Setiawan,  Pegawai dari Bank Syariah Indonesia ini berharap agar dengan akreditasi peringkat unggul yang diterima Prodi MM Perbanas Institute akan mempengaruhi materi perkuliahan bagi para mahasiswa.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.