Dark/Light Mode

Parade Lomba 17-an Ganjaran Buruh Berjuang Dimeriahkan Buruh Dari 10 Perusahaan

Sabtu, 19 Agustus 2023 17:21 WIB
Sukarelawan Ganjaran Buruh Berjuang GBB menggelar parade lomba 17-an antar buruh perusahaan di Desa Kanci Kulon, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (19/8).
Sukarelawan Ganjaran Buruh Berjuang GBB menggelar parade lomba 17-an antar buruh perusahaan di Desa Kanci Kulon, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (19/8).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sukarelawan Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) menggelar parade lomba 17-an antar buruh perusahaan di Desa Kanci Kulon, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (19/8).

Wasekjen DPP GBB, Pribadie Utomo mengatakan ajang kompetisi antarburuh ini merupakan momen peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia. 

Para buruh laki-laki maupun perempuan mengekspresikan kebanggaan dan rasa cinta kepada 'Ibu Pertiwi' dengan menjunjung tinggi semangat persatuan.

Menurut Adie, antusiasme para buruh ini didasari atas kepercayaan terhadap Ganjar Pranowo sebagai figur pemimpin yang tepat untuk kesejahteraan buruh di masa depan.

Baca juga : Ganjaran Buruh Berjuang Gelar Upacara Kemerdekaan Di Subang

Hal itu selaras dengan atribut-atribut Ganjar dengan slogan 'Tuanku ya Rakyat' yang di pakai GBB merepresentasikan bahwa pria berambut putih itu memang mengedepankan kepentingan rakyat dan memposisikan diri sebagai pelayan rakyat.

"Hari ini kita menyelenggarakan kegiatan dalam rangka menyambut hut kemerdekaan RI ke-78 dan sebagai penyemangat untuk gerakan dari GBB dengan 'Ganjar untuk Semua', dan 'Tuanku ya Rakyat'," ucap dia di lokasi.

Adapun lomba-lomba yang disiapkan meliputi cerdas cermat, panjat pinang, dan tarik tambang. Adie mengungkapkan kegiatan ini diikuti sejumlah buruh dari 10 perusahaan di wilayah Cirebon Timur.

Mulai dari PT Tiga Putri, PT Dian Jaya, PT Target, PT Arsa Jaya Pratama (AJP), PT. Dhea, PT. Chaeron Phokpand Indonesia, PT. Putra Utama, Home Industri Rumah Jahit Lela, PT Cirebon Energi Prasarana (CEPR), dan PT Cipta Anugerah Sejahtera (CAS).

Baca juga : Ganjaran Buruh Berjuang Adakan Turnamen Bola Voli Di Subang

"Alhamdulillah hari ini masyarakat sangat antusias sekali ikut meramaikan perlombaan-perlombaan dalam rangka 17-an ini bahkan warga sekitar pun pada berbondong-bondong ikut menyaksikan dan meramaikan kegiatan hari ini," terang dia.

Adie mengungkapkan, GBB sebagai episentrum sukarelawan buruh formal dan informal akan terus bergerak guna mewujudkan tagline ‘Ganjar Pranowo Presiden buruh Indonesia’ melalui konsolidasi dan penyerapan aspirasi.

"Kegiatan ini sebenarnya arahnya kita melakukan konsolidasi dengan 10 perusahaan tersebut dan sekaligus mensosialisasikan media sosial yang kami jalankan sekarang," kata dia.

"Memberikan informasi-informasi tentang aktivitas Pak Ganjar baik selama sebelum menjabat sebagai gubernur sampai dengan kegiatan-kegiatan kemarin yang dijalankan oleh beliau sehingga kemudian ini bisa menjadi informasi positif buat semua warga buat teman-teman buruh baik formal ataupun informal," imbuh dia.

Baca juga : Ganjaran Buruh Perjuang Serap Masukan Dari Presiden KSBSI

Senada, Ketua DPD GBB Cirebon Raya Bong Whisnu mengatakan momentum ini perlu dimaknai dengan mengokohkan solidaritas dan kebersamaan.

"Nah harapan kami kegiatan di sini selain tentunya untuk sama-sama memperingati kemerdekaan, juga tentunya untuk ajang mengkompakan keluarga besar kami yaitu pekerja dan buruh di wilayah Cirebon dalam hal ini hari ini adalah Cirebon Timur," ujar dia.

Salah satu peserta, Dinda Alamanda (30) menerangkan perlombaan ini menjadi sebuah wadah untuk mempersatukan masyarakat kalangan buruh dalam mengisi momen kemerdekaan RI ke-78.

"Seru banget cukup menarik dan ini pertama kalinya cerdas cermat di desa kami. Ya kesulitan banget tapi seru sih," ungkap dia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.