Dark/Light Mode

OIKN Luncurkan Destinasi Edukasi Rumah Teknologi, September Dibuka Untuk Umum

Minggu, 20 Agustus 2023 22:10 WIB
Kepala OIKN Bambang Susantono bersama Jajaran Deputi OIKN meninjau Rumah Teknologi Nusantara di booth Hyundai, miniatur konsep Advance Air Mobility/Sky Taxi, Kamis (17/8). (Foto: dok. OIKN)
Kepala OIKN Bambang Susantono bersama Jajaran Deputi OIKN meninjau Rumah Teknologi Nusantara di booth Hyundai, miniatur konsep Advance Air Mobility/Sky Taxi, Kamis (17/8). (Foto: dok. OIKN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono, membuka Rumah Teknologi dalam kegiatan Peluncuran Techno House (Rumah Teknologi) Nusantara, bersamaan dengan momen perayaan Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia di lokasi Rumah Teknologi, Rumah Dinas Bupati Penajam Paser Utara, Kamis (17/8).

Sebagai perwujudan perencanaan Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai kota cerdas, Rumah Teknologi merupakan destinasi edukasi mengenai konsep dan perkembangan IKN. Sekaligus wadah berbagai pameran dan proof of concept/implementasi konsep teknologi, yang dapat diaplikasikan sebagai wujud Kota Cerdas Nusantara.

Pengunjung disuguhi dengan pameran informatif mengenai gambaran pembangunan IKN ke depan, yang dikemas dengan desain artistik dan teknologi interaktif.

Baca juga : Fairatmos & BCG Luncurkan Laporan Potensi Teknologi Iklim di Asia Tenggara

Informasi mengenai visi, prinsip, dan elemen pembangunan disampaikan sebagai pembuka pameran.

Setelahnya, diperlihatkan berbagai teknologi yang berkaitan dengan domain Kota Cerdas Nusantara. Mulai dari smart energy system, smart building control, smart home appliances dan robot, hingga konsep mobilitas udara masa depan atau sky taxi.

Semuanya dilihat dan dipelajari oleh pengunjung.

Baca juga : KPI Ingatkan Televisi Tak Beri Ruang Untuk Pelaku KDRT

Showcase pada rumah teknologi ini, diikuti oleh berbagai investor dan penyedia teknologi dari dalam dan luar negeri. Termasuk perusahaan Amerika, Jerman, Korea, China dan sebagainya.

Dalam kegiatan Peluncuran Rumah Teknologi Nusantara, Kepala OIKN didampingi oleh jajaran Deputi OIKN, yang mengunjungi area pameran teknologi, dan berdialog dengan perusahaan teknologi bertaraf internasional.

“Pengembangan Nusantara sebagai Kota Cerdas, ditujukan untuk menciptakan kota yang tangguh dan berkelanjutan, melalui peningkatan efisiensi dan efektivitas layanan perkotaan dengan pemanfaatan teknologi," papar Kepala OIKN.

Dibuka Untuk Umum

Baca juga : Di Tangan Zulhas, PAN Bertransformasi Jadi Partai Terbuka Untuk Semua Umat

Fasilitas Rumah Teknologi Nusantara ini direncanakan akan dibuka untuk umum, mulai September 2023.

"Proof of concept atau showcase pada fasilitas Techno House ini, dapat memberikan gambaran bagi publik, mengenai pemanfaatan teknologi yang dibangun di IKN, sebagai kota yang modern untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat," jelas Deputi Transformasi Hijau dan Digital OIKN Prof. Ali Berawi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.