Dark/Light Mode

Kepala BNPT: Tren Toleransi Masyarakat Meningkat

Rabu, 30 Agustus 2023 11:44 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Rycko Amelza Dahniel menyampaikan adanya tren positif toleransi di tengah masyarakat. Hal ini berdasarkan kajian di 2023.

"Berdasarkan data Setara Institute tahun 2016 dan 2023, tren toleransi alami peningkatan dari 61,6 persen menjadi 70,2 persen" kata Rycko, saat silaturahmi dengan pelajar dan WNI, di Wisma Kedutaan Besar Republik Indonesia di Rabat, Maroko, seperti keterangan yang diterima RM.id, Rabu (30/8).

Acara ini dihadiri pula oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar dan diawali dengan sambutan dari Duta Besar LBBP RI di Maroko Hasrul Azwar.

Baca juga : Top, RI Tularkan Toleransi Beragama Di Level Global

Rycko menjelaskan, peningkatan angka toleransi disebabkan adanya penurunan jumlah kelompok intoleran pasif sekitar 13 persen pada 2023.

"Nilai toleran membesar disumbang oleh menyusutnya kelompok intoleran pasif dari sebelumnya berada pada angka 35,7 persen menjadi 22,4 persen di 2023," jelasnya.

Walau demikian, Kepala BNPT ke-6 ini mengingatkan, untuk tetap waspada terhadap perubahan-perubahan strategi yang dilakukan kelompok penganut ideologi kekerasan, dalam mempengaruhi masyarakat, khususnya generasi muda yang rentan terhadap derasnya arus informasi.

Baca juga : Riset Populix: 82 Persen Masyarakat Indonesia Suka Belanja Online

"Mereka melakukan pola perubahan serangan dari hard menjadi soft approach, dari strategy bullet atau peluru menjadi ballot strategy atau strategi suara Ini harus kita wapadai bersama," tegasnya.

Generasi muda Indonesia yang telah memiliki sikap toleransi, nasionalisme, dan keberagaman harus terus dipertahankan.

Hal ini menjadi tantangan seluruh masyarakat Indonesia dalam membangun kehidupan sosial yang aman, damai dan harmoni.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.