Dark/Light Mode

Riset Populix: 82 Persen Masyarakat Indonesia Suka Belanja Online

Selasa, 29 Agustus 2023 15:46 WIB
Populix virtual media conference e-commerce, Selasa (29/8). (Foto: Istimewa)
Populix virtual media conference e-commerce, Selasa (29/8). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perusahaan riset Populix melaporkan, sebanyak 82 persen masyarakat Indonesia menjadikan e-commerce sebagai pilihan dalam membeli produk elektronik.

Perilaku ini bergeser, sebelumnya masyarakat lebih percaya dengan membeli barang khususnya elektronik secara offline.

Baca juga : Lewat Kurikulum Merdeka, Pupuk Kaltim Perluas Manfaat Konservasi Mangrove

Berbagai alasan muncul melatarbelakangi mengapa mayoritas masyarakat lebih suka belanja produk elektronik di e-commerce ketimbang melihat secara langsung.

Head of Research Populix Indah Tanip menyebut, dalam studi yang mereka lakukan untuk memahami perilaku dan motivasi masyarakat Indonesia dalam membeli barang melalui platform e-commerce terbagi menjadi beberapa alasan.

Baca juga : Dukung Sikap Bahlil, Pengamat: GMT 15 Persen Hambat Indonesia Bersaing

“Beberapa alasan yang mendorong mereka untuk memilih berbelanja barang tersebut melalui platform e-commerce, yakni hemat waktu dan tenaga (79 persen), gratis ongkos kirim (72 persen), harga lebih murah dari toko offline (62 persen), tersedia diskon pembelian (61 persen), dan kemudahan membandingkan harga dengan toko lain (57 persen),” rincinya dalam Populix virtual media conference e-commerce terkait ‘Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Membeli Produk Elektronik, Rumah Tangga, dan Kesehatan Melalui E-commerce,’ Selasa (29/8).

Sementara dari sisi anggaran yang dikeluarkan untuk berbelanja di e-commerce pun lebih tinggi dibandingkan dengan belanja di media sosial.

Baca juga : Bamsoet Puji Sosialisasi 4 Pilar MPR di Festival Indonesia Raya HUT Salatiga

“Tetapi masih cenderung di bawah anggaran ketika membeli barang dengan mengunjungi toko secara langsung, khususnya untuk kategori produk elektronik,” ujarnya.

Saat ini, menurut Indah, masyarakat Indonesia cenderung memilih untuk berbelanja produk elektronik, rumah tangga, dan kesehatan melalui e-commerce.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.