Dark/Light Mode

Simbol Kerja Sama Transportasi Ramah Lingkungan

Muhammadiyah Terima 10 Unit Motor Listrik Alva Cervo dari Indika Energi

Rabu, 30 Agustus 2023 21:40 WIB
Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Haedar Nashir menaiki motor saat serah terima motor listik Alva Cervo dari PT Indika Energi Tbk, di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta, Rabu (30/8). (Foto: Dok. Muhammadiyah)
Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Haedar Nashir menaiki motor saat serah terima motor listik Alva Cervo dari PT Indika Energi Tbk, di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta, Rabu (30/8). (Foto: Dok. Muhammadiyah)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menerima penyerahan 10 unit motor listrik Alva Cervo dari PT Indika Energi Tbk, di Aula Lantai 6 Masjid At Tanwir, Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta, Rabu (30/8). Serah terima ini sebagai simbol dimulainya kerja sama pada bidang teknologi transportasi terbarukan antara Muhammadiyah dan Indika Energi.

Penyerahan dilaksanakan Direktur Utama PT Indika Energi Tbk Arsjad Rasjid kepada Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Haedar Nashir. Haedar menyatakan kesiapan Muhammadiyah untuk membangun ekosistem yang mendukung kelangsungan berbagai inovasi teknologi perusahaan tersebut. 

Motor listrik yang hampir 100 persen karya anak bangsa. Kata Haedar, hal ini menjadi bukti bahwa bangsa Indonesia punya potensi untuk maju dan bersaing dengan negara-negara lain.

Baca juga : Mobil listrik: Masa Depan Transportasi Ramah Lingkungan

“Kita sebetulnya bisa memproduksi sendiri, membangun kemandirian, dan keberdikarian yang bisa membuat kita sebanding dengan dunia luar,” kata Haedar. 

Potensi bangsa untuk maju di bidang teknologi, menurut Haedar, cukup besar. Di sekolah-sekolah Muhammadiyah, banyak murid yang kreatif merakit kendaraan listrik sendiri.

Direktur Utama PT Indika Energi Tbk Arsjad Rasjid yang juga Ketua Umum Kadin Indonesia menyatakan, penyerahan 10 unit motor listrik ini sebagai bagian mendukung komitmen Muhammadiyah dalam beramar ma’ruf nahi munkar di bidang lingkungan hidup. Sembari mengejar approval kualitas kendaraan tersebut dari Eropa, Arsjad mengatakan inovasi ini adalah bagian menyambut SDG’s sekaligus Indonesia Emas 2045.

Baca juga : Bamsoet Dukung Kerja Sama Produksi Motor Listrik Indonesia-Korea

Besarnya potensi dan jaringan di Persyarikatan, termasuk cabang istimewa di luar negeri, kata dia, dapat dimaksimalkan untuk mengakselerasi industri teknologi nasional untuk bersaing di kancah dunia. 

“Penyerahan ini adalah simbol kerja sama. Harapannya, dari sini bisa mengembangkan sesuatu, karena ke depan butuh ekosistem. Termasuk membangun industri terkait yang bisa melibatkan pengusaha menengah, pengusaha kecil, bahkan mikro,” kata Arsjad. 

Serah terima ini dihadiri juga Ketua PP Muhammadiyah Agung Danarto, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Prof Abdul Mu’ti, beserta petinggi dan komisaris grup perusahaan PT Indika Energi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.